Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Industri Ramah Lingkungan yang Sangat Cerah

Masa depan yang sangat cerah di Asia. Menurut IRENA, industri tenaga surya telah menjadi pelopor pertumbuhan yang cukup signifikan dalam pasar industri energi terbarukan. Terhitung, ada lebih dari 2,5 juta lapangan pekerjaan pada tahun 2014 – terutama dalam bidang operasional, pemeliharaan dan manufaktur – dengan sebagian besar pekerjaan baru tersebut lahir di Asia.

Dengan nada yang sama, perusahaan jasa profesional EY (dahulu Ernst & Young) mengungkapkan bahwa di tahun 2015 mereka melihat Asia Pasifik mendominasi investasi energi terbarukan secara global, dengan total peningkatan sebesar US$ 180 miliar dalam hal pendanaan untuk wilayah ini (sumber: Eco-Business). Industri ramah lingkungan yang sedang populer adalah tenaga surya, angin dan bioenergi.

Tenaga surya

Berdasarkan laporan IRENA, solar photovoltaic (PV) muncul sebagai sektor terbesar dari industri ramah lingkungan dalam menghasilkan lapangan pekerjaan pada tahun 2016, dengan 3,1 juta lapangan pekerjaan (meningkat 12% dari tahun 2015) terutama untuk beberapa negara seperti Tiongkok, Amerika Serikat dan India. Amerika Serikat mencatat pertumbuhan sebesar  24,5% untuk lapangan pekerjaan di industri tenaga surya ini dari tahun sebelumnya, meningkat 17 kali lebih cepat dari keseluruhan bidang ekonomi jika disatukan.

Di sisi lain yang bersamaan, Komisi Eropa melaporkan bahwa produksi sel tenaga surya dan sistem fotovoltaik telah berlipat ganda setiap dua tahun sekali dalam beberapa dekade terakhir. Dengan lebih dari 40.000 pekerja tenaga surya yang bekerja di Jerman, Eropa menghasilkan setidaknya 30% tenaga fotovoltaik dunia. Pengguna utama lainnya termasuk Jepang dan Amerika Serikat.

Hal ini membuat Teknisi Tenaga Surya sangat dicari, karena para pemimpin industri terus berupaya menurunkan biaya dan meningkatkan efisiensi agar PV mengambil alih sebagai sumber pasokan listrik utama.

Angin 

Pertumbuhan pekerjaan di industri energi Angin secara global meningkat sebesar 7% berkat adanya pekerjaan instalasi energi angin yang baru, menciptakan total 1,2 juta lapangan kerja baru.

Statistik yang ditunjukkan Administrasi Informasi Energi AS pada tahun 2010 menunjukkan bahwa industri energi angin tumbuh dari 28% menjadi 60% per tahun, menghasilkan 2,3% dari total produksi listrik negara. Di depan UE, Asosiasi Energi Angin Eropa melaporkan bahwa 6,3% listrik di wilayah ini pada tahun 2011 bertenaga angin.

Pekerja di Industri Energi Angin memainkan peran penting dalam industri ini dan akan terus seperti itu karena produksi energi angin terus berkembang di masa yang akan datang.

Bioenergi 

Pasar kerja bioenergi yang utama meliputi Brasil, China, Amerika Serikat dan India, dengan biofuel menyumbang sebanyak 1,7 juta lapangan pekerjaan, biomassa 0,7 juta, dan biogas 0,3 juta.

Undang-undang Kemerdekaan dan Keamanan Energi Amerika Serikat (2007) adalah kunci katalis dalam pertumbuhan lapangan pekerjaan yang cepat di industri biofuel, termasuk di dalamnya konstruksi dan pengoperasian etanol dan pabrik biofuel lainnya serta termasuk juga produksi bahan baku.

Industri ramah lingkungan terus berkembang dan menciptakan lapangan kerja baru. Pekerjaan di industri ramah lingkungan yang paling cepat berkembang  selain yang disebutkan di atas adalah Petani Perkotaan, Teknisi Mobil Ramah Lingkungan, Pendaur Ulang, Kontraktor Ramah Lingkungan, Produsen Energi Gelombang, dan Profesional Desain Ramah Lingkungan.

Asia: Pusat lapangan pekerjaan dalam industri ramah lingkungan

Jika Anda tinggal di Asia, temuan IRENA mengungkapkan bahwa 62% lapangan kerja dalam industri ramah lingkungan secara global berbasis di sini, di mana sebagian besar pekerjaan instalasi dan pabrikasi sedang berjalan. Malaysia dan Thailand pada khususnya, telah menjadi pusat global pembuatan solar PV.

Jadi, jika Anda sebelumnya tidak pernah mempertimbangkan untuk bekerja di industri terbarukan atau ramah lingkungan, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk menggenggam masa depan yang hijau (cerah). Itulah tujuan kita semua. (Jobstreet.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top