Marketing.co.id – Berita UMKM | Belakangan ini jualan online emamng telah menjadi primadona di kalangan masyarakat, mulai dari anak muda, remaja hingga dewasa pun melakoni bisnis berbasis digital ini.
Berjualan secara online sebenarnya susah-susah gampang. Tidak sedikit yang mencoba untuk mulai jualan online namun akhirnya gagal dan menyerah. Namun, banyak juga yang kemudian berhasil dan mencapai omzet juataan hingga ratusan juta rupiah.
Tak bisa dipungkiri kemajuan teknologi saat ini telah mendorong perubahan gaya hidup masyarakat, termasuk dalam caranya berbelanja. Kini, banyak konsumen yang lebih memilih berbelanja secara online.
Potensi pasar di ranah online pun sangat besar. Data We Are Sosial menunjukkan, 178,9 juta orang Indonesia telah berbelanja secara online selama tahun 2022, meningkat 12,8% dari tahun sebelumnya. Hal ini tentu menjadi peluang bagi para pebisnis lokal, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bertransformasi digital.
Sayangnya, masih banyak UMKM yang beranggapan bahwa berjualan online, termasuk membuka toko di platform eCommerce sebagai tantangan yang sulit. Padahal, kehadiran platform eCommerce sangat memudahkan UMKM untuk merambah pasar online.
Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia Stefan Winata mengatakan, salah satu tujuan hadirnya Lazada adalah untuk mendukung perkembangan bisnis di Indonesia, termasuk UMKM. Berbagai dukungan sumber daya, inovasi program dan fitur berbasis data, teknologi, dan pelanggan telah ditawarkan untuk pebisnis lokal yang ingin meraih kesempatan di pasar online.
Berbagai kemudahan yang ditawarkan Lazada untuk mendukung pebisnis dan UMKM di antaranya proses pendaftaran yang mudah dan cepat, gratis 0% biaya komisi sebagai penjual baru, program inkubasi intensif, kemudahan belajar bisnis, dukungan komunitas penjual, menyiapkan berbagai data dan wawasan, jangkauan pasar yang luas dengan dukungan sistem logistik menyeluruh, serta fitur-fitur unggulan yang bikin pelanggan belanja lagi ke toko Anda.
“Berbagai kemudahan ini menjadi cara kami untuk mendorong digitalisasi UMKM di Indonesia. Mari bergabung bersama Lazada, mengembangkan bisnis online-mu dan raih kesuksesan di dunia eCommerce,” pungkas Stefan.