Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

MPL Indonesia Adopsi Model Liga Waralaba

Marketing – Developer game Mobile Legends, Moonton memperkenalkan model liga waralaba untuk pertama kalinya dalam Mobile Legends: Bang Bang Professional League – Indonesia (MPL – ID) musim keempat.

Dylan Chia, Marketing Director MPL-ID, mengatakan adopsi model liga waralaba di MPL – ID musim ini diharapkan dapat mengatasi banyak masalah yang dihadapi peserta kompetisi ini.

Di musim sebelumnya, ketidakpastian regulasi menyebabkan kurangnya standarisasi kontrak antara tim dan pemain. Dengan status tim yang kini permanen, ini memungkinkan penerapan standar yang melindungi semua pihak yang terlibat.

Model waralaba MPL-ID memberikan setiaptim slot permanen dalam liga, dengan biaya waralaba permanen sebesar US$1 juta. “Ini akan memudahkan kita untuk menciptakan fondasi yang kokoh dengan tujuan jangka panjang untuk keberlanjutan lanskap esports Indonesia,” ujar Dylan.

Menurut Dylan model liga waralaba akan memberikan banyak keuntungan bagi tim maupun pemain, meliputi sistem permainan yang adil. Setiap tim akan memiliki bayaran yang sama demi tercapainya keseimbangan kekuatan antar tim dan terjaminnya biaya operasional.

Pendapatan bersama. Setiap tim bisa mendapatkan lebih dari 50% pendapatan liga sebelum dikurangi biaya operasional dan pemasaran liga yang sepenuhnya ditanggung oleh Moonton.

Selanjutnya keamanan finansial untuk pemain yang memiliki gaji tetap minimum, dan panjang kontrak minimum 6 bulan per musim, sekaligus keamanan pekerjaan untuk tim dan pemain, karena tidak ada degradasi lagi.

Terakhir peluang komersialisasi, dengan investasi bersama dari Moonton dan tim, MPLD – ID mengembangkan hubungan dengan mitra kunci untuk menciptakan aliran pendapatan baru dan solusi pemasaran untuk brand, tim, dan pemain.

“Dengan sistem keamanan finansial yang tinggi dan standar regulasi baru, liga dapat memastikan akuntabilitas dalam manajemen tim. Ini dapat mengatasi rotasi pemain berulang kali yang sering terjadi karena sistem transfer pemain yang tidak diatur di musim sebelumnya,” ungkap Dylan.

MPL – ID musim keempat akan mencakup delapan minggu Pertandingan Reguler mulai tanggal 23 Agustus – 13 Oktober 2019. Musim Reguler akan diadakan secara offline di XO Tanjung Duren Hall sementara Grand Final akan diadakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta mulai 26 – 27 Oktober 2019.

Liga ini akan menampilkan juara musim 3, Onic Esports plus tujuh peserta permanen lainnya; Alter Ego, Aura, Bigetron Esports, Evos, Geek Fam, dan Genflix.

Sebagai komitmen dalam menumbuhkan ekosistem esports Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang juga akan menginvestasikan US$8 juta untuk mengembangkan lebih lanjut komunitas esports Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) di Indonesia.

Sebagian dari investasi akan digunakan untuk mengembangkan ekosistem esports di luar MPL. Moonton akan menggelar berbagai turnamen untuk menyediakan lebih banyak platform bagi para gamer untuk tidak hanya menjadi pemain profesional, tetapi juga berperan penting dalam industri esports.

“Sebagai kompetisi profesional, kita perlu membangun ekosistem esports yang sukses mulai dari tingkat akar rumput,” pungkas Dylan.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top