Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

Mobile Marketing, Alat Efektif untuk Keterlibatan Pelanggan

mobile marketing

Melibatkan diri dengan basis pelanggan yang sudah ada bisa sangat mahal, terutama dalam kondisi sekarang ketika biaya iklan kian meningkat dan hasil positif dari kampanye iklan lebih sulit dicapai.

Dalam masa yang penuh tantangan seperti itu, pemasar harus mencari cara baru, di mana mereka dapat menetapkan target tersegmentasi khusus untuk kampanye, meningkatkan sentuhan pelanggan, dan menganalisa informasi yang dikumpulkan dari setiap kampanye untuk memaksimalkan ROI (Return On Investment).

Jika Anda berfokus pada keterlibatan pelanggan, mobile marketing menyediakan kemampuan untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut beberapa manfaat utama menggunakan mobile marketing sebagai alat keterlibatan pelanggan:

Mudah dan instan

Pesan mobile marketing disampaikan dalam hitungan detik. Hal ini akan menghasilkan sentuhan yang positif. Sebagian besar aplikasi mobile marketing juga sangat mudah dioperasikan. Itu artinya, sangat mudah untuk mengelolanya.

Mudah dan efektif

Mendistribusikan pesan dengan SMS (Short Messages Service) lebih murah, tidak ada biaya percetakan. Hal itu membuatnya sangat efektif.

Pengiriman

Ingat, ini adalah pelanggan Anda, dan Anda harus mendapatkan/memiliki izin untuk mengirim pesan melalui ponsel. Pengiriman biasanya dijamin, karena orang jarang mengubah nomor ponselnya. Hal ini juga berlaku jika Anda membandingkannya dengan email, direct mail dan bentuk lain dari iklan.

Tingkat respon

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tingkat respon konsumen terhadap mobile marketing adalah sekitar 15%. Ini jauh lebih tinggi ketimbang email yang hanya 1-3%.

Personalisasi

Pesan dapat ditargetkan pada individu yang telah bersedia untuk menerima pesan. Hal tersebut memberikan kesempatan untuk mempersonalisasikan serta menyesuaikan pesan merek kepada khalayak yang lebih beragam.

Pelanggan dalam jangkauan

Meningkatnya pengguna mobile memastikan mobile berada dalam genggaman pelanggan mencapai 80% setiap harinya. Itu artinya Anda lebih mungkin untuk terlibat dengan pelangan.

Interaksi satu atau dua arah

Mobile marketing dapat menyediakan interaksi satu arah dengan sangat baik (misal tawaran promosi, kesepakatan khusus, dan lainnya), atau dua arah (misal klik pada link untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, seperti di FB dan lainnya). Hal ini tergantung pada tujuan kampanye.

Integrasi promosi marketing

Integrasi adalah kunci keberhasilan mobile marketing. Mobile campaign dan kampanye lainnya harus diintegrasikan dengan baik dengan strategi merek secara keseluruhan .

Saat ini banyak alat yang menyediakan fasilitas untuk mengintegrasikan antara sistem CRM dengan aplikasi mobile untuk meningkatkan efektivitas mereka.

Measurable (terukur)

Rentang pengukuran dapat digunakan untuk melacak dan menganalisa efektivitas kampanye dan menghubungkannya kembali ke ROI. Namun, para pemasar harus berhati-hati dengan perangkap kesulitan yang mungkin timbul.

Mobile adalah benda yang sangat pribadi. Pemasar harus berhati-hati dengan profil pelanggan, mengenali apa yang mereka inginkan, apa yang mereka butuhkan, serta menyampaikan hal tersebut. Evolusi mobile marketing akan mendorong pertumbuhan keterlibatan pelanggan mobile.

Editor: Wahid FZ

Sumber: LAC

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top