Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing, Jakarta – Untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-46, PT Miwon Indonesia meluncurkan “Program Pedagang Tangguh Miwon 8” di kantor Miwon Pulo Gadung, Jakarta Timur. Pada program ini Miwon menggandeng Dompet Dhuafa sebagai mitra pelaksana.

Program yang digagas sejak tahun 2011 ini merupakan upaya untuk memberdayakan ekonomi rakyat. Tahun ini program menyasar 40 pedagang bakso, masing-masing 20 pedagang berada di Jakarta dan 20 di Surabaya. Adapun total mitra pedagang yang sudah dibina dari awal program ini sampai kini mencapai 430 orang.

Pembentukan program Pedagang Tangguh Miwon dilatarbelakangi kepedulian Miwon dan Dompet Dhuafa terhadap kondisi para pedagang bakso skala mikro yang masih terbatas dalam kemampuan berproduksi, manajerial, dan pemasaran.

Keterbatasan ini menjadikan mereka jauh tertinggal dan kalah kompetitif dibandingkan dengan pedagang lainnya. Terlebih dengan banyaknya daging bakso impor yang membuat  kondisi mereka semakin terpuruk.

Melihat kondisi tersebut, Miwon dan Dompet Dhuafa berkomitmen membantu meningkatkan daya saing para pedagang bakso agar tetap survive, mandiri, dan dipercaya konsumen. Bentuk penguatan yang dilakukan melalui bantuan modal usaha (1 set gerobak dorong dan sarana penunjang), penguatan kapasitas mitra, serta pendampingan usaha regular selama satu tahun.

Bentuk penguatan kapasitas yang dilakukan melalui pelatihan – pelatihan untuk meningkatkan pemahaman mitra binaan mengenai aspek keamanan pangan, strategi pengembangan wirausaha, pengelolaan keuangan, dan penguatan kelembagaan lokal.

PT Miwon Indonesia meluncurkan “Program Pedagang Tangguh Miwon 8” dengan sasaran program pedagang bakso

“Kami tentunya sangat berharap, melalui program ini para pedagang bakso dapat menjadi lebih mandiri, dan sejahtera sehingga apa yang kami berikan dapat memperkuat eksistensi mereka di tengah persaingan dagang yang kuat. Tentunya dengan tetap mempertahankan aspek makanan halal, sehat dan layak konsumsi (bebas boraks, formalin dan pewarna tekstil),” ungkap Lim Duk Jin Presiden Direktur PT. Miwon Indonesia.

Agar program ini tepat sasaran, Dompet Dhuafa menyeleksi dan memverifikasi mitra melalui assessment yang komprehensif. Dengan terpilihnya mitra yang tepat, efektivitas dan keberhasilan program akan dapat terukur.

“Hal ini dibuktikan dengan peningkatan omzet dan penambahan daya beli oleh mitra pedagang yang sudah menerima bantuan program sebelumnya,” tutur Yuli Pujihardi Direktur Resources Mobilization Dompet Dhuafa.

Program ini tidak hanya menyasar pedagang laki – laki, namun juga pedagang perempuan. Untuk tahun ini, dari total 40 pedagang yang dibantu, 3 pedagang perempuan berdomisili di Jakarta dan Surabaya.

Miwon dan Dompet Dhuafa Berdayakan Pedagang Bakso
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top