Marketing.co.id – Berita Property & Retail | SCG, konglomerat terkemuka di Asia Tenggara, bersama perusahaan afiliasinya, Mitra10 di bawah naungan PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), hari ini meresmikan pembukaan gerai ke-50 Mitra10. Sebagai toko ritel modern terbesar untuk bahan bangunan dan perbaikan rumah, Mitra10 terus mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam sektor ini.
Pembukaan gerai terbaru ini, yang berlokasi di Shila Sawangan, Depok, menjadi tonggak penting bagi SCG dan CSAP dalam mencapai target ambisius mereka yaitu membuka 100 gerai Mitra10 di seluruh Indonesia pada tahun 2030. SCG, melalui entitas SCG Retail Holding Company Limited (SCGRH), memegang 30,89% kepemilikan di CSAP, menunjukkan komitmen kuat mereka dalam mengembangkan bisnis ritel modern bahan bangunan di Indonesia.
Wiroat Rattanachaisit, Presiden SCG Distribution and Retail Business, menjelaskan bahwa sektor perdagangan modern di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan. “Pergeseran perilaku konsumen yang mengedepankan pengalaman berbelanja yang lengkap, terjangkau, nyaman, dan aman (one-stop shopping experience) turut mendorong pertumbuhan ini, termasuk dalam bisnis bahan bangunan. SCG secara agresif mendorong investasi kami melalui ekspansi jejaring ritel modern bahan bangunan di Asia Tenggara, salah satunya melalui Mitra10, raksasa ritel andalan masyarakat Indonesia untuk seluruh kebutuhan rumah,” ujar Wiroat.
Mitra10, yang telah beroperasi sejak tahun 1997, kini memiliki 50 gerai yang tersebar di berbagai wilayah termasuk Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sumatra, Batam, Kalimantan, dan Sulawesi. Dengan area penjualan seluas 180,000 meter persegi dan 65,000 SKU (Stock Keeping Unit) dari 12 kategori produk home and living, Mitra10 terus menarik lebih dari 1 juta pengunjung setiap bulannya.
Sebagai bagian dari komitmen jangka panjangnya, pada tahun 2023, SCG mengumumkan investasi terbaru senilai Rp265 miliar melalui pembelian hak memesan efek terlebih dahulu (rights issue) dari CSAP. Investasi ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan gerai Mitra10 dan memperkuat posisi mereka sebagai Top-of-Mind Brand untuk renovasi rumah di Indonesia.
Bisnis SCG menunjukkan performa yang mengesankan di kuartal pertama 2024, dengan Pendapatan dari Penjualan mencapai Rp54,3 triliun (USD 3,5 miliar), meningkat 3% q-o-q (quarter on quarter). EBITDA juga naik sebesar 16% q-o-q menjadi Rp5,5 triliun (USD 354 juta), dan Laba Bersih Periode meningkat Rp1 triliun (USD 68 juta) menjadi Rp1,5 triliun (USD 100 juta) q-o-q.
Dengan visi dan strategi yang jelas, SCG dan Mitra10 siap memimpin pasar ritel bahan bangunan di Indonesia, memberikan solusi terbaik bagi setiap kebutuhan renovasi dan perbaikan rumah masyarakat Indonesia.