Marketing.co.id – Berita Marketing | Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) bagian dari Bukalapak, memberdayakan agen pulsa dan pemilik warung melalui acara edukatif Spesial Kumpul Juwara (SKJ). Setelah sukses di berbagai kota, SKJ kali ini hadir di Solo (26/02) dan Yogyakarta (29/02). Acara ini bertujuan untuk mentransformasi pelaku usaha mikro agar dapat berperan lebih besar sebagai agen inklusi keuangan.
Komunitas Juwara adalah komunitas agen pulsa dan pemilik warung terbesar di Indonesia, yang telah merangkul ratusan ribu anggota di lebih dari 50 kota/kabupaten di seluruh tanah air.
Dalam acara SKJ, ratusan pemilik warung dan agen pulsa tidak hanya berkesempatan untuk berjejaring, tetapi juga mendapatkan pengetahuan teknis terkait produk dan layanan virtual unggulan, seperti Voucher Games dan QRIS.
Baca juga: Artajasa Lakukan Sinergi dan Inisiatif Layanan QRIS Tap Berbasis NFC
Kedua produk tersebut membantu Mitra memperluas variasi layanan yang ditawarkan sekaligus memperkuat posisi kiosnya sebagai sentra layanan digital dan keuangan. Dengan kemampuan ini, Mitra Bukalapak dapat terus menghadirkan akses ke layanan finansial pada seluruh pelanggan dan menjangkau lapisan masyarakat yang tidak tersentuh oleh layanan keuangan formal.
Selain memperkenalkan produk-produk tersebut, SKJ kali ini juga bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY. Kolaborasi ini menghadirkan edukasi penting terkait penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran digital, pengembangan UMKM, serta kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah.
“Bank Indonesia DIY terus berkomitmen untuk memberdayakan UMKM serta mengajak untuk menggunakan metode pembayaran digital dalam bertransaksi, salah satunya dengan QRIS. Melalui kolaborasi Bank Indonesia DIY dan Mitra Bukalapak di Yogyakarta, kami berharap dapat memberikan edukasi lebih mendalam dan berkelanjutan, sehingga pemilik usaha kecil pun dapat merasakan manfaat penggunaan QRIS untuk meningkatkan bisnisnya secara signifikan,” ujar Hermanto, Plh. Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY.
Pada kesempatan tersebut, Irma, Juragan asal Sleman, membagikan tips sukses, termasuk cara menambah pendapatan melalui ekspansi produk virtual, yang menjadikan kios sebagai solusi belanja harian di lingkungan sekitar.
Irma, yang sebelumnya berpengalaman sebagai pramuniaga hingga manajer toko di pusat perbelanjaan, memutuskan membuka warung sembako pada tahun 2011. Baginya, kunci kesuksesan adalah kemampuan beradaptasi. Setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak, warungnya berkembang dengan menyediakan berbagai produk virtual, seperti token listrik, kirim uang, dan QRIS yang diminati kalangan muda.
Untuk memperkuat usahanya, Irma terus mengembangkan pengetahuan bisnisnya melalui partisipasi dalam berbagai komunitas. “Dengan bertambahnya jaringan pertemanan, ilmu juga pasti bertambah. Pelatihan dari Komunitas Juwara sangat membantu saya maju dan lebih memahami bisnis,” ujarnya.
Pendapat senada disampaikan Zulfikar, pemilik kios pulsa di Yogyakarta, yang juga mengalami transformasi usahanya. Sempat bekerja sebagai customer service bank, ia memutuskan banting setir menjadi agen pulsa. Bergabung dengan Mitra Bukalapak pada 2019 membuka peluang baginya untuk memperluas layanan dari hanya menjual pulsa hingga mencakup pembayaran listrik, isi ulang dompet digital, dan kirim uang.
Baca juga: Makin Sat-Set! Ini Cara Transfer Uang ke Luar Negeri dalam Hitungan Menit
Kini, Zulfikar berhasil mengelola dua kios dengan lebih dari 100 transaksi harian dan membuka lapangan kerja baru dengan mempekerjakan beberapa karyawan. Kesuksesan ini tidak hanya datang dari ekspansi produk, tetapi juga dari belajar semangat pemiliknya.
“Mitra Bukalapak dan Komunitas Juwara memberi saya akses ke berbagai konten edukasi yang memperkaya pengetahuan bisnis saya. Saya juga termotivasi oleh banyak video inspiratif di YouTube yang membantu saya terus berkembang,” tandas Zulfikar.