Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Mitos atau Fakta tentang Sosial Media

Di tengah-tengah ramainya tulisan, artikel, seminar, workshop, dan pembicaraan tentang pentingnya sosial media, dan bagaimana sosial media bisa mendongkrak penjualan dalam marketing channel, maka penting juga bagi kita sebagai pebisnis untuk melihat secara objektif tentang social media marketing ini.

1. Anda harus Aktif di semua sosial media – Mitos atau Fakta?

Ini hanyalah mitos.

Faktanya adalah Anda harus tahu dulu dimana target market Anda, kemudian bergabung di sosial media tersebut, dan mulailah berinteraksi dengan aktif.

Aktif di semua sosial media akan menyedot banyak waktu dan membuang banyak energi, jadi fokuslah pada target market yang tepat untuk menentukan sosial media yang tepat.

2. Sosial media lebih efektif daripada kopi darat – Mitos atau Fakta?

Ini hanyalah mitos.

Faktanya adalah tidak ada yang bisa menggantikan efektivitas dari kopi darat. Sosial media adalah alat bantu komunikasi sehingga menjadi lebih efisien dan cepat, namun kita tetap tidak dapat menggantikan efektivitas dari kopi darat.

3. Sosial media lebih baik di outsource – Mitos atau Fakta?

Mitos juga

Banyak pebisnis merasa lebih baik pihak ketiga yang melakukan sosial media marketing untuk mereka, karena berbagai alasan:

  • Belum divisi sosial media marketing
  • Takut salah kalau dikerjakan sendiri
  • Sudah masuk dalam paket iklan dengan advertising agency
  • dan lain-lain

Padahal di setiap perusahaan, divisi marketing tidak pernah bisa dioutsource. Yang dioutsource adalah beberapa pekerjaan yang sudah disusun strateginya oleh divisi marketing tersebut. Divisi marketing bisa saja memanggil konsultan atau pakar marketing untuk membantu memberikan masukan, ide-ide, dan strategi kepada mereka, lalu mereka akan memutuskan strategi marketing finalnya. Dari strategi final tersebut, mungkin ada porsi pekerjaan yang perlu dioutsource.

Demikian juga dengan sosial media yang akan menjadi divisi yang paling berpengaruh di perusahaan dalam waktu dekat. Posisi-posisi manajer sosial media & direktur sosial media akan menjadi posisi yang banyak dicari oleh perusahaan di kemudan hari.

Oleh karena itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai membangun divisi sosial media sendiri, karena untuk belajar, dan memahaminya memerlukan waktu. Mulai lebih awal adalah lebih baik.

Caranya paling cepat membangun divisi ini adalah dengan memanggil konsultan untuk coaching tim marketing, lalu mengimplementasikannya untuk salah satu campaign marketing yang ada sebagai langkah awal. Setelah Anda melewati proses ini, Anda akan mulai bisa menyusun strategi sosial media yang lebih mendalam lagi. (Sumber: http://emcoach.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top