Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Mister Aladin Targetkan Revenue 3 Kali Lipat

Marketing – Kali ketiga travel fair Mister Aladin digelar pada 30 September – 6 Oktober 2019. Mengangkat tema Mister Aladin Travel Carnival menjadi bentuk penyambutan terhadap kemeriahan masa liburan akhir tahun dan ragam produk Mister Aladin yang makin bertambah.

Acara ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi online di aplikasi Mister Aladin pada 30 September – 6 Oktober dan sesi offline di tanggal 3 – 6 Oktober bertempat di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka. Selain memberikan beragam promo, travel fair tahun ini juga menjadi ajang peluncuran resmi fitur Pesawat Internasional dan Kereta Api di Mister Aladin.

Dalam kesempatan yang sama, Mister Aladin juga meluncurkan fitur Kereta Api dan Pesawat Internasional diluncurkan untuk menyeimbangkan permintaan dari pelanggan yang semakin tinggi. Veranika Gunawan, Chief Executive Officer Mister Aladin mengatakan tetap optimistis terhadap peluncuran kedua fitur tersebut akan membuat penjualan secara keseluruhan di tahun 2019 meningkat. Terlebih dengan tren jumlah transaksi di kuartal IV yang selalu lebih besar dibanding kuartal III.

“Mister Aladin melihat peningkatan jumlah wisatawan yang pergi ke luar negeri dan ke beberapa destinasi di Pulau Jawa adalah sebuah potensi yang perlu diakomodasi. Inilah yang menjadi alasan peluncuran fitur Pesawat Internasional dan Kereta Api secara resmi dalam acara Mister Aladin Travel Carnival,” ujar dia. Kereta api juga makin digemari karena beberapa alasan, antara lain harganya terjangkau, nyaman, dan rutenya melalui banyak destinasi Instagenic baru.

Tidak hanya itu, kenaikan penjualan tiket kereta di Mister Aladin sudah terlihat sejak soft launching di bulan April 2018. Penjualan tiket kereta di Mister Aladin mengalami peningkatan secara konstan, yaitu sebesar 30% per kuartal, atau tumbuh 5 kali lipat sejak diluncurkan hingga Juli 2019.

Bahkan menurut data dari hubud.dephub.go.id, jumlah wisatawan Indonesia yang pergi ke luar negeri kurun waktu Desember 2018 – Januari 2019 meningkat 14,12% dibandingkan di periode yang sama tahun 2017. Pemesanan hotel di luar negeri pun meningkat di kuartal IV. Data Mister Aladin di kuartal IV 2018 menunjukkan pemesanan hotel di Bangkok meningkat sebesar 54%, Kuala Lumpur 48%, dan Penang 40% dibandingkan kuartal III. Tidak hanya Asia, semakin banyak pula orang yang memesan hotel di Eropa dan peningkatannya mencapai 2,3 kali lipat pada akhir tahun 2018 lalu.

Meskipun destinasi luar negeri diprediksi akan lebih populer di akhir tahun ini, beberapa destinasi domestik juga masih diminati wisatawan Indonesia. Hal ini terlihat dari data di Mister Aladin yang menunjukkan bahwa peningkatan pemesanan hotel di kuartal IV 2018 yang paling besar adalah Yogyakarta (53%), disusul Malang (50%), dan Bandung (30%) dibandingkan di kuartal III tahun 2018.

Ditambahkan Nitha Sudewo, Chief Operating Officer Mister Aladin, bahwa selain menjadi ajang peluncuran resmi dan promosi fitur Pesawat Internasional, Mister Aladin juga bekerja sama dengan Arabian Adventures untuk memberikan paket spesial serta promo menarik liburan di Dubai. Beberapa orang beruntung juga akan mendapatkan paket tur dan hotel gratis di negara tersebut.

“Khusus di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, customer bisa menikmati banyak promo spesial, antara lain lelang produk mulai Rp10.000, Kejutan 99 Ribu, hingga kesempatan liburan gratis pada sesi Traveler Dadakan yang sudah jadi trademark kami,” kata Nitha.

Ketika disinggung mengenai revenue Mister Aladin secara keseluruhan di tahun 2018 dengan tahun 2019 hingga kuartal III, dia mengungkapkan, terjadi kenaikan sebesar 2,5 kali lipat. Ditambah dengan kontribusi penjualan tiket kereta yang terus meningkat mendekati kuartal IV serta peluncuran fitur Pesawat Internasional, Mister Aladin optimis jumlah revenue hingga akhir tahun 2019 nanti akan mencapai 3 kali lipat dibanding tahun 2018 lalu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top