Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Bisnis Pertanian Modal Minim Dengan 3 Jenis Tanaman Ini

Marketing.co.id Berita UMKM | Memiliki iklim tropis dan letak geografis yang sempurna membuat Indonesia seringkali disebut sebagai negara agraris. Hal inilah yang membuat Indonesia memiliki peluang yang terbilang cukup menjanjikan dalam bisnis pertanian, termasuk bisnis pertanian modal minim yang dapat dilakukan semua orang.

bisnis pertanian modal minim

ilustrasi

Banyaknya ragam tanaman yang dapat ditanam serta banyaknya tanah gembur di Indonesia membuat Anda tidak perlu memiliki lahan yang luas untuk menjalani bisnis yang satu ini, Anda dapat menjalani bisnis ini di rumah dengan memakai teknik hortikultura atau bahkan di pot.

Baca juga: Ramadan Lalu, Kopi dan Peralatan Berkebun Laku Keras

Ini tentu dapat menjadi salah satu solusi Anda yang ingin memulai bisnis pertanian namun terhalang oleh pandemi yang tengah hadir di Indonesia. Berikut ragam budidaya tanaman yang cocok untuk memulai bisnis pertanian Anda dengan modal yang minim di tengah pandemik ini.

Budidaya Tanaman Sayur

Terlepas dari manfaatnya, membudidayakan sebuah tanaman sayuran dapat menjadi salah satu opsi bagi Anda yang mulai ingin mencoba terjun di dunia bisnis pertanian hidroponik dengan budget yang minim.

Selain itu, beberapa dari tanaman sayur perawatannya terbilang cukup mudah bagi Anda yang baru mencoba memulainya. Berikut adalah beberapa tanaman sayur yang dapat Anda tanam sendiri seperti tomat, cabai, bayam, sawi, bawang putih, lobak, kale dan masih banyak lagi.

Budidaya Tanamah Hias

Mungkin budidaya yang satu ini tidak asing bagi Anda yang menyukai tanaman hias. Budidaya tanaman hias merupakan salah satu pililhan yang terbilang cukup menguntungkan dalam dunia bisnis pertanian.

Anda juga dapat memilih berbagai macam tanaman hias seperti bunga hingga kaktus untuk dikelola. Selain dapat mengurangi stress berada dirumah seharian karena corona, membudidayakan sebuah tanaman hias juga dapat membuat Anda untung.

Budidaya Tanaman Herbal

Hampir sama seperti membudidayakan sebuah tanaman sayuran, memiliki bisnis pertanian yang satu ini juga dapat Anda lakukan dengan mudah. Selain dapat dijadikan sebuah bisnis, membudidayakan tanaman herbal juga dapat Anda nikmati sendiri kualitasnya dan membuat berbagai varian lain dari tanaman hingga produk hasilnya.

Itulah tiga ragam budidaya tanaman dengan modal yang minim yang dapat Anda lakukan di tengah pandemi Covid-19 ini. Bagi Anda yang tertarik mencoba sebuah bisnis pertanian di rumah, tentu tidak luput dari modal usaha pertaniannya.

Anda bisa mendapatkan permodalan untuk memulai usaha pertanian ini melalui CROWDE. Selain itu, Anda juga dapat berinvestasi untuk membantu pemberdayaan petani lainnya.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top