Portal Lengkap Dunia Marketing

BERITA

Mimpi Menjadi Pemain Game Online Global

www.marketing.co.id – Di Indonesia, sampai saat ini belum banyak pemain lokal yang mampu menciptakan sebuah game online yang cukup diminati masyarakat pencinta game (gamer). Agate Studio merupakan salah satu di antaranya yang langsung melejit sejak pertama kali diperkenalkan medio April 2009 lalu. Seperti apa strateginya menciptakan loyalitas bagi para gamer?

Fenomena sosial game sudah mendunia dan sangat potensial dari segi bisnis. Di Indonesia sendiri fenomena tersebut cukup signifikan. Sayangnya, belum banyak pemain lokal yang berkecimpung dan mampu membuat sebuah game online yang bisa dinikmati para gamer. Salah satu pemain lokal yang cukup terkenal dan rajin menciptakan berbagai game adalah Agate Studio.

Didirikan pada bulan April 2009 di Bandung, perusahaan ini berkembang cepat dan menjadi salah satu pengembang game terbesar di Indonesia. Agate Studio juga tampil sebagai solusi untuk iklan, kampanye pendukung, dan pemasaran digital. Sekarang ada sekitar 30 kru, hidup dengan passion dan keterampilan untuk mencapai mimpi mereka menciptakan game di Agate Studio.

Banyaknya game asing yang mendominasi pasar, bagi sekelompok anak muda yang tergabung dalam Agate Studio, menjadi pemicu untuk menciptakan sebuah game lokal yang mampu bersaing dengan game online asing. “Kami menjaga kualitas layanan  dan berusaha tampil profesional untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam setiap permainan yang kami buat,” kata Arief Widhiyasa, Chief Executive Officer Agate Studi, dalam sebuah kesempatan wawancara di Jakarta.

Kini, Agate Studio sudah merangkul beragam partner bisnis untuk lebih memperluas pasar bagi produk-produknya, mulai dari International Game Sponsorship, seperti Armor Games (US), Game Pirate (Netherland), King (UK), Gamesfree; Custom Game Clients, seperti Microsoft Indonesia, Microsoft Asia-Pacific,dan Nokia; Advergames & Brands, seperti Unilever, GarudaFood, Ford Indonesia, Sony Music BMG; Developer’s Partners, seperti M-Stars, Telkom, Telkomsel, Lintas Media Danawa (Lintasarta Group), MLW Telecom; Academic Partners, seperti ITB, UI, Universitas Maranatha, BiNus; dan Media Partners, seperti Teknopreneur, Detik.com, KompasGramedia, Megindo, dan Zigma.

“Dengan moto ‘Live The Fun Way’ kami menciptakan permainan dengan sebuah visi untuk membuat dunia yang lebih baik melalui permainan yang kita buat,” ungkap Arief.  Hingga hari ini, Agate Studio telah menghasilkan puluhan lebih permainan.

Sekarang Agate Studio telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan game terbesar di Indonesia, berfokus pada pengembangan game. Agate Studio sendiri memiliki keunggulan dalam menciptakan produk berbagai permainan seperti flash game, Xbox360 game, online gamesilverlight gamesocial game, mobile game, dan bahkan riset board game. Salah satu yang terbaru adalah “Football Saga”, yang tampil berbeda dari game football pada umumnya.

Football Saga Game

Di awal Februari 2011 lalu, sebuah game online bertema sepakbola yang diklaim pertama di Indonesia dan berkualitas internasional dirilis ke pasaran. Euforia sepakbola nasional menjadi alasan untuk memilih jenis game online ini. Menariknya lagi, game yang diberi nama Football Saga tersebut dimainkan secara online di laman Facebook oleh para gamer.

“Yang menjadi diferensiasi dari game ini, jika umumnya game sepakbola online mengambil karakter seorang manajer atau pelatih sebuah klub sepakbola, game ini mengambil sudut pandang pribadi/individu gamer sendiri,” kata Arief.

Anak muda asal Singaraja, Bali, ini kemudian menjelaskan cara bermain game Football Saga. Dituturkan, game ini akan memainkan karakter seorang pemain sepakbola yang harus memulai karier dari pesepakbola amatir hingga menjadi atlet sepakbola profesional.

“Sebenarnya misi awal kami adalah ingin membuat hidup lebih fun lewat game. Selain itu, kami ingin membangun ekosistem pencinta bola di Indonesia melalui game serta membangun mental masyarakat Indonesia, bahwa untuk menjadi sukses itu tidak gampang,” katanya.

Menurut Arief, karena sarana bermainnya lewat Facebook, game ini otomatis menyasar pencinta sepakbola yang ada di Facebook. Daya jangkaunya pun sangat luas, hingga ke seluruh dunia. Bahkan, ada juga member asing yang turut serta. Maklum saja, sejak awal, Football Saga didesain untuk pasar internasional. Itu sebabnya game ini menggunakan bahasa Inggris.

Dengan memanfaatkan berbagai jejaring sosial dan forum online sebagai media publikasi, game ini memperoleh respons yang sangat positif dari publik. Terbukti dalam tiga minggu sejak dirilis awal Februari 2011 lalu, Football Saga mampu menarik 21.111 monthly active user (pemain aktif). Hingga kini jumlahnya terus bertambah.

Lebih lanjut dijelaskan, karakteristik utama game online ini adalah social network. Setiap pemain membutuhkan teman agar mencapai level yang lebih tinggi lagi. Para gamer juga dituntut untuk terus berlatih hingga mencapai ke tingkat yang diinginkan. Tidak hanya itu, pemain juga dapat berbagi ketika menyelesaikan pertandingan ataupun ketika mencapai level tertentu.

Diungkapkan, sebelum merilis game ini, beragam riset pun dilakoni timnya. Berbagai tahapan dijalani, mulai dari merumuskan basic knowledge di internal team development, membentuk prototype, hingga menyurvei kebutuhan dan keinginan pasar. Football Saga sendiri telah dikembangkan sejak tahun lalu dan sempat dirilis untuk uji coba pada pertengahan tahun 2010. Setelah mengalami berbagai perbaikan dari hasil uji coba tersebut, Football Saga dirilis kembali pada pertengahan Februari 2011.

“Kita sempat uji coba di lingkungan teman-teman kantor dulu,” tandas pria yang mengaku sudah menjadi gamer sejak kecil.

Ditambahkan, saat ini Football Saga memasuki fase nearly commercial (belum dikomersialkan, namun sedang dirancang sebuah program untuk menjadi komersial). Segmen yang dibidik pun sebenarnya bukan hanya penggila bola, namun juga para gamer yang bermimpi menjadi pemain bola dari segala usia. Harapannya, ke depan, Football Saga menjadi one stop digital shopping bagi pencinta bola dan bisa menjadi game online buatan Indonesia yang sukses di level internasional.

Tertarik untuk mencoba? Pengguna bisa langsung login ke Facebook, kemudian ketik “Football Saga” pada kotak pencarian yang disediakan. Selamat mencoba! (Harry Tanoso)

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top