Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Milo Edukasi Konsumen Lewat Komik

Nestle Indonesishutterstock_49235314a mengedukasi pentingnya sarapan pagi sebelum memulai aktivitas. Salah satu media yang digunakan adalah komik.

Sereal disiram dengan susu sapi murni merupakan asupan di pagi hari yang sangat terkenal di luar negeri seperti Amerika dan Eropa. Asupan dengan kandungan serat dan protein di dalamnya ini memang baik dan terbilang praktis untuk mengisi perut di pagi hari. Sebab itu banyak dikonsumsi oleh keluarga yang setiap anggotanya memiliki segudang aktivitas sehingga tidak sempat menyiapkan dan memasak sarapan di pagi hari.

Namun, apa yang terjadi pada pola makan masyarakat Indonesia saat ini; melupakan sarapan ternyata telah menjadi kebiasaan. Tentunya hal itu menimbulkan dampak yang negatif bagi kelangsungan aktivitas mereka sepanjang hari. Apalagi, di Indonesia banyak keluarga yang memiliki anak dalam usia pertumbuhan.

Nestle Indonesia dengan produk serealnya menunjukkan kepedulian dengan turut serta di dalam Pekan Sarapan Nasional (Pesan) sebagai salah satu mother brand dari susu Milo, Dancow, Sereal Koko Crunch, Corn Flakes, dan Honey Stars, mengampanyekan produk mereka lewat ajang positif ini.

Selain itu, meningkatnya kasus gizi buruk di Indonesia juga telah menjadi perhatian dari terbentuknya kampanye ini. Menurut data konsumsi pangan dari Riset Kesehatan Dasar 2010 (Riskesdas) terhadap 35.000 anak usia sekolah, sebanyak 44,6% anak memperoleh asupan energi kurang dari 15% kebutuhannya pada saat sarapan. Padahal, seharusnya sarapan dapat memenuhi 15%–25% kebutuhan energi seorang anak untuk bisa beraktivitas sepanjang hari. Tetapi, hal ini sering diabaikan oleh beberapa orang tua.

Karena alasan penting ini, sereal sarapan Nestle bersama dengan minuman cokelat malt Nestle Milo mendukung kampanye Pesan dengan meluncurkan komik edukasi untuk anak.

Sementara bagi kalangan orang tua, Nestle membagikan 5 juta cup sampling ke sekolah-sekolah, toko, sampai supermarket. Pada acara peluncuran bertema “Awali Harimu dengan Sarapan”, Nestle pun mengundang puluhan ibu dan anak ke Carrefour Lebak Bulus.

Hasilnya, mereka tampak antusias mengikuti acara hingga selesai, terlebih mereka yang datang begitu menikmati produk-produk dari sereal sarapan dan susu Nestle, yang juga dibagikan secara cuma-cuma dalam acara tersebut.

“Diharapkan kesadaran dan kebiasaan sarapan sehat ini dapat bertumbuh pada orang tua dan anak-anak di Indonesia agar selalu sehat, kuat, dan tidak mudah sakit,” kata Patrick Stillhart, Country Business Manager Nestle Breakfast Cereal, Nestle Indonesia, seraya menunjukkan komik 10 halaman penuh edukasi mengenai pentingnya sarapan sehat setiap hari.

Seperti diketahui, Pesan sendiri adalah momentum berkala setiap tahun dengan tujuan memberikan informasi, mengajak masyarakat agar menerapkan perilaku hidup sehat, dan mencukupi gizi seimbang setiap harinya.

Tak hanya itu, Pesan menjadi sebuah pengingat yang dicanangkan pada tanggal 14 sampai 20 Februari 2014 dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat. Acara ini sudah diadakan kedua kalinya dan merupakan sebuah upaya yang baik untuk mengampanyekan sarapan sehat bagi masyarakat.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia Agung Laksono, secara bersama mendeklarasikan Pesan sebagai wujud kepedulian pemerintah akan pentingnya sarapan dan mencukupi gizi seimbang menjadi pola yang harus dijalani oleh setiap warga Indonesia. Oleh karena itu, kepedulian saja tidak cukup. Inisiatif mengerjakan sesuatu dengan tindakan positif lebih penting dilakukan.

Kegiatan aktivasi merek ini pastinya menelan biaya yang cukup besar. Walaupun tidak menyebutkan angka pasti, keturutsertaan dalam Pesan ini merupakan aktivasi merek yang terlihat cukup ampuh sebagai reminder akan merek susu dan sereal di tengah masyarakat.

“Nestle Milo mengerti bahwa sarapan merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan oleh anak, karena sarapan dapat memberikan energi agar anak siap menjalani hari-harinya,” tambah Prawitya Soemadijo, Business Executive Manager Beverages, Nestle Indonesia.

Pada peringatan Pesan tahun ini, sereal sarapan Nestle Indonesia juga mendapat dukungan dari Carrefour. Salah satu perusahaan ritel raksasa ini menyediakan tempat seperti breakfast display dan breakfast corner activity di 13 gerai Carrefour yang mewakili 6 kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Depok, Medan, Yogyakarta, Makassar, dan Bandung.

Dengan dibuatnya kampanye ini, tentu pihak Nestle mencoba mengingatkan masyarakat akan pentingnya memenuhi asupan gizi seimbang kepada anak demi mewujudkan masyarakat dan calon pemimpin yang lebih sehat di masa depan.

Isaiah Christian

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top