Portal Lengkap Dunia Marketing

CONSUMER GOODS

Miliki 2 Kapal Tanker Besar Pertamina International Shipping (PIS) Layani Bisnis Marine dan Logistik

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Saat ini, di Indonesia terdapat tren positif total konsumsi energi dari berbagai jenis bahan bakar. Mulai dari meningkatnya permintaan dalam penggunaan bahan bakar untuk moda transportasi hingga peningkatan shipping LPG untuk kegiatan rumah tangga. Kebutuhan akan BBM dan LPG adalah hal yang fundamental bagi masyarakat Indonesia. Dan setelah sukses meluncurkan kapal VLCC Pertamina Pride di Teluk Semangka, Lampung pada 15 April 2021 lalu, Pertamina Internasional Shipping (PIS) siap melayani di bisnis Marine dan Logistik ke seluruh wilayah.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan sebagai perusahaan shipping, PIS akan bertransformasi menjadi Integrated Marine Logistics karena bukan hanya mempunyai kapal, tapi juga sarana tambahan dan storage yang ada di pelabuhan. Investasi yang dilakukan dengan menghadirkan 2 kapal VLCC yakni PERTAMINA PRIDE dan PERTAMINA PRIME sejalan dengan arahan pemegang saham untuk go global. Dengan demikian value chain yang dikelola PIS juga akan semakin besar.

Erry Widiastono, Direktur Utama Pertamina International Shipping (PIS) menambahkan, bisnis shipping di PIS sendiri telah mencakup FOB kargo impor, sewa kapal, dan FOB cargo lube base oil, terutama untuk pasar domestik dan regional di Asia Tenggara. Sedangkan pada bisnis marine PIS meliputi jasa penunjang operasi marine, penyediaan tenaga kerja di pelabuhan, jasa kepelabuhanan, dan keagenan kapal.

Baca juga: Smart Building Technology Bakal Kendalikan Pilar Kelayakan Bangunan

Menurutnya kehadiran 2 kapal tersebut merupakan upaya untuk memenuhi ekspektasi agar PIS dapat menjadi yang terdepan di bisnis marine dan logistik baik dalam mewujudkan ketersediaan dan keberlanjutan energi di dalam negeri maupun bersaing dan menguasai pasar internasional. Kami melihat peningkatan konsumsi energi di Indonesia yang cukup signifikan sehingga kami optimis dapat terus memenuhi kebutuhan energi untuk negeri.

Saat ini PIS telah mengoperasikan lebih dari 350 unit kapal. Armada kapal besar PIS meliputi beragam jenis kapal yang berfungsi untuk melayani jenis layanan kargo yang berbeda-beda, seperti kapal General Purpose (GP), Very Large Crude Oil Carrier (VLCC), Very Large Gas Carrier (VLGC), dan Floating Storage and Offloading Unit (FSO). Untuk jasa marine dan logistik, PIS akan menyediakan layanan end-to-end marine dan logistik di beberapa pelabuhan strategis di Indonesia.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top