Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

MIHAS Kembali akan Menggelar Pameran Produk Halal

Marketing – Setelah berjalan selama lebih dari 1 dekade, MIHAS (Malaysia International Halal Showcase) menjadi pameran tahunan yang ditunggu –  tunggu para pelaku industri, produsen, distributor, dan pembeli produk- produk halal. MIHAS diorganisir oleh Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE), agensi promosi dagang Malaysia.

Pameran dagang ini telah menarik lebih dari 312406 pengunjung dari seluruh dunia selama 12 tahun terakhir. Negara –  negara yang menjadi partisipan utama antara lain Indonesia, Filipina, Korea Selatan, Jepang, China, Belgia, Iran, Perancis, India, Palestina, Arab Saudi, Afrika Selatan, dan Turki.

Tahun 2018 lalu, MIHAS menarik lebih dari 800 peserta pameran dari 32 negara, dan menyaksikan partisipasi dari Kamboja, Azerbaijam, dan Uzbekistan untuk pertama kalinya. Selama 4 hari penyelenggaraan pameran, MIHAS 2018 menerima lebih dari 21000 pengunjung yang terdiri dari perusahaan lokal, internasional, asosiasi bisnis, delegasi kenegaraan, dan lainnya.

Dianggap sebagai Olimpiade produk dan jasa Halal, di MIHAS para pelaku industri dari seluruh dunia akan mempromosikan perkembangan industri Halal lebih dari sekedar sektor makanan dan minuman. Sektor lain yang menjadi sorotan antara lain produk farmasi, kosmetik, pariwisata untuk muslim, digital dan e-commerce, logistik, dan jasa keuangan Islami. MIHAS 2019 menjanjikan kesempatan membangun jaringan dengan pengembangan zona pengalaman, dan talkshow dari para ahli di berbagai bidang industri Halal.

Suasana pameran produk halal

Dengan meningkatnya kemampuan belanja, baik dari kalangan muslim maupun non-muslim, produk Halal menjanjikan prospek bisnis yang menarik bagi konsumen yang ingin mencari produk atau jasa yang berkualitas dan dapat diandalkan. Sebesar 63% dari populasi muslim diseluruh dunia ada di area Asia  Pasifik. Indonesia dan Malaysia tercatat menyumbang 55% dari seluruh permintaan pasar dari daerah tersebut pada 2016.

Mengikuti laporan The Global Islamic Economy Report 2017/18 Thomson Reuters, potensi pasar Muslim akan mencapai 3.081 triliun dolar Amerika pada 2022. Keseluruhan belanja Muslim di bidang lifestyle sendiri sudah mewakili hampir 12% belanja global.

Industri Halal Malaysia telah memimpin Indikator Ekonomi Islami Global selama 5 tahun berturut – turut, dan MIHAS menjadi perangkat yang efektif untuk mengembangkan potensi bisnis industri Halal. “MIHAS menjadi perangkat penting bagi industri Halal. Dengan melibatkan banyak pihak, termasuk para pengusaha dari Indonesia, kita dapat memaksimalkan industri Halal,” ujar Harman Ahmad, trade commisionner MATRADE Jakarta.

MIHAS mulai diselenggarakan pada 2004. MIHAS akan kembali digelar pada 3 sampai 6 April 2019 di MITEC Kuala Lumpur. Peserta pameran maupun pengunjung dapat melakukan registrasi MIHAS 2019 melalui situs www.mihas.com.my.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top