Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

Microsoft Tarik Iklannya yang Menghina Apple

microsoftcopotiklan

Iklan Microsoft Hina Apple

Iklan Microsoft yang menghina Apple dan iPhone terbarunya akhirnya ditarik oleh perusahaan komputer besutan Bill Gates tersebut setelah mengakui bahwa iklannya melenceng.

Iklan yang di-posting pada kanal YouTube Windows Phone selama akhir pekan lalu berjudul ‘A fly On The Wall In Cupertino’,menampilkan dua orang pegawai Apple sedang menawarkan ide kepada eksekutif Apple untuk desain ponsel terbaru. Cupertino sendiri adalah lokasi markas Apple.

Iklan ini diprotes oleh banyak penontonnya karena sangat menjelek-jelekan Apple. Entah karena mereka penggemar setia Apple yang tak rela merek favoritnya dihina atau memang mereka menilai iklan ini tidak pantas. Tapi, setidaknya penonton memutuskan bahwa iklan semacam ini patut diprotes. Para pengiklan dan agensi iklan perlu mempertimbangkan etika beriklan.

Adegan awal saja iklan ini sudah menghina Apple, terutama produk iWatch. Adegan diawali oleh dua orang pegawai yang meminta maaf karena terlambat datang meeting dengan alasan iWatch-nya harus masuk bagian R&D kembali. “My iWatch had to go back to R&D”, kata salah satu pegawainya.

Itu adalah awal dari banyak kalimat percakapan yang menghina Apple. Kalimat percakapan lainnya mengatakan ,”We’re gonna give the people what they want, we’re giving them the finger..”, kata salah satu pegawainya yang kemudian dilanjutkan oleh mitra kerjanya, “…print – fingerprint Touch ID”. Istilah ‘the finger’ artinya adalah jari tengah yang merupakan tindakan menghina.

Bagian yang aneh dari iklan ini adalah eksekutif Apple dalam iklan ini disorot dari belakang. Sekilas sang eksekutif muncul untuk menyerupai Design Chief  Apple Jony Ive. Tapi di sisi lain, lebih mirip dengan Steve Jobs dengan gaya rambut yang nyaris dicukur habis.

Seiring dengan penarikan iklannya, Microsoft mengeluarkan pernyataan melalui situs TNW bahwa video itu awalnya dimaksudkan untuk menyemangati teman-teman di Apple, tapi sayangnya melenceng dan mereka memutuskan untuk menariknya. Tapi, kini semua informasi di dunia internet bisa dengan mudah menyebar. Ini video iklannya, bagaimana menurut Anda?

Editor: Wahid Fz

Sumber: Digitaltrends|Gambar:Dailymail

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top