Mewujudkan Literasi Keuangan Berkelanjutan, Program Let’s Invest Girls Targetkan 500 Remaja Puteri di Indonesia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Yayasan Pendidikan Investasi Muda Indonesia (LIG) kembali mengambil peran penting dalam pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program terbarunya, Let’s Invest Girls (LIG). Melanjutkan perjalanan keliling Indonesia, destinasi pertama tahun ini adalah kota Bogor. Kerjasama dengan Palang Merah Remaja, program ini menargetkan 500 remaja puteri usia 15-25 tahun untuk mendapatkan pengetahuan gratis mengenai literasi keuangan, jiwa kepemimpinan, dan kemampuan komunikasi.

Let’s Invest Girls Keliling Indonesia
Inisiator “Let’s Invest Girls Keliling Indonesia”, Elvera N. Makki memberikan sesi workshop gratis bertema “The Power from Within” yang berfokus pada literasi keuangan, kepemimpinan dan komunikasi. Insert: bersama para siswa SMAN 9 Kota Bogor.

Sebagai organisasi non-profit yang menitikberatkan pada penguatan dan pemberdayaan perempuan muda, LIG menyajikan kegiatan dalam bentuk workshop bertema “The Power from Within.” Kegiatan ini diselenggarakan di SMAN 9 Bogor, dihadiri oleh 35 siswi terpilih yang beruntung mendapatkan wawasan, inspirasi, dan kiat-kiat seputar literasi keuangan, kepemimpinan, dan komunikasi.

Elvera N. Makki, Inisiator Let’s Invest Girls, menyampaikan, “Let’s Invest Girls memiliki misi agar perempuan muda Indonesia bijaksana mengelola, memitigasi risiko, dan mengembangkan keuangan secara independen.” Sejak 2022, program ini telah memberikan dampak positif bagi lebih dari 480 siswi SMA/SMK dari Aceh hingga Papua. Tahun ini, targetnya adalah memberikan dampak bagi 500 remaja puteri di berbagai wilayah Indonesia.

Menyikapi hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan tahun 2022 yang menunjukkan peningkatan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia, Elvera menjelaskan, “Data ini mendorong Let’s Invest Girls untuk menggiatkan program literasi keuangan, khususnya untuk remaja puteri, yang sangat menentukan dalam pengambilan keputusan finansial di masa depan.”

Generasi milenial dan Gen-Z juga menjadi fokus program ini, seiring dengan tren konsumsi mereka yang memerlukan keuangan yang selaras dengan gaya hidup berkelanjutan. Melalui studi Morgan Stanley pada tahun 2017, disebutkan bahwa generasi ini lebih memilih berbelanja dan berinvestasi dari perusahaan yang menerapkan nilai-nilai keberlanjutan.

“Bersama Let’s Invest Girls!, remaja puteri memiliki kesempatan untuk belajar literasi keuangan sejak dini, memberikan mereka dasar pengelolaan dan pengembangan keuangan. Ini adalah momen penting untuk memahami manfaat menabung dan berinvestasi sejak awal,” tambah Elvera.

Pada sesi literasi keuangan, LIG tidak hanya membahas cara kerja uang, tetapi juga bagaimana investasi dapat melindungi keuangan dari inflasi, meningkatkan aset melalui compounding, dan mencapai tujuan finansial secara efektif. Selain itu, perempuan diajak untuk memiliki kontrol terhadap masa depan finansialnya.

Rini Listari, Kepala Sekolah SMAN 9 Bogor, menyambut baik kehadiran Let’s Invest Girls di sekolah mereka. “Selain fokus pada kurikulum sekolah, siswi juga perlu mengikuti pengembangan soft skills dan hard skills di luar itu, salah satunya adalah literasi keuangan. Kami senang Let’s Invest Girls memilih sekolah kami untuk memberikan pengetahuan dan wawasan keuangan secara cuma-cuma.”

Program Workshop Keliling Indonesia bertema “The Power from Within” telah berlangsung sejak 2022 dan akan terus digiatkan ke berbagai kota di Indonesia, dengan tambahan pelatihan dan webinar daring bagi remaja puteri usia 15-25 tahun. Dengan upaya ini, LIG berharap dapat menciptakan generasi perempuan yang lebih bijak dalam mengelola keuangan dan mampu mengambil peran penting dalam pembangunan masa depan Indonesia.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here