Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Meriahkan Hari Bangga Buatan Indonesia, Blibli Bantu UMKM Raih Potensi Bisnis Ramadan

Kusumo Martanto selaku CEO Blibli bersama Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate pada kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama Hari Bangga Buatan Indonesia di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Senin, 3 Mei 2021).

Kusumo Martanto selaku CEO Blibli bersama Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate pada kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama Hari Bangga Buatan Indonesia di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Senin, 3 Mei 2021).

Microsite khusus akan menghadirkan kurasi produk UMKM yang didukung oleh ongkir gratis dan promo khusus

Marketing.co.id – Berita UMKM| Blibli berpartisipasi dalam perayaan Hari Bangga Buatan Indonesia (Hari BBI) yang jatuh pada 5 Mei 2021 dengan meluncurkan laman khusus berupa microsite bertema Hari BBI, berisi kurasi spesial produk-produk UMKM dan brand lokal.

Inisiatif ini merupakan bentuk dukungan Blibli terhadap Hari BBI, yaitu program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi dengan memanfaatkan momentum Ramadan dan Idul Fitri untuk meningkatkan performa industri UMKM dan brand lokal.

Blibli pun melihat bahwa inisiatif pemerintah tersebut akan berdampak positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional karena mensinergikan kekuatan pemain lintas industri, yaitu e-commerce dan UMKM, dalam memaksimalkan aktivitas ritel saat Ramadan dan Idul Fitri yang penuh potensi.

Andreas A. Pramaditya, VP Galeri Indonesia Blibli, mengatakan, sebagai perusahaan berbasis teknologi, Blibli bertujuan menjadi penggerak transformasi digital di Indonesia. Memperkuat kehadiran dan kinerja UMKM lokal serta brand-brand di platform digital merupakan salah satu cara mewujudkan tujuan Blobli sebagai e-commerce lokal Indonesia.

“Partisipasi kami dalam Hari BBI ini diharapkan dapat mendorong terjadinya transaksi antara UMKM dan brand lokal dengan pelanggan yang sudah semakin menggemari hasil produk ciptaan anak bangsa,” ujarnya.

Microsite Hari BBI diluncurkan oleh platform Blibli pada 3 Mei dan akan berlangsung hingga 13 Mei 2021. Microsite tersebut menghadirkan kurasi spesial dari 8 juta lebih produk UMKM dan brand-brand lokal terbaik. Blibli pun akan berkolaborasi dengan lebih dari 350 brand lokal ternama untuk menghadirkan kurasi produk pilihan seperti kuliner, kriya, kecantikan & kesehatan, fashion lokal & Muslim, hampers Lebaran, dan elektronik.

“Usaha kami untuk memajukan produk UMKM dan brand lokal membutuhkan kolaborasi antarpihak, mulai dari seller hingga pemerintah. Oleh karena itu, kami akan terus berdiri di jalur terdepan untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan membuka ekosistem e-commerce Blibli yang menyeluruh bagi UMKM dan brand-brand lokal,” lanjut Andreas.

Selain menjadi  platform e-commerce, Blibli juga menyediakan infrastruktur logistik dan operasional agar UMKM dan brand-brand lokal dapat melakukan proses orderfulfillment dengan mudah dan biaya rendah. Salah satu perwujudan hal tersebut adalah program ongkir gratis untuk semua pengiriman produk UMKM dan brand-brand lokal.

Ditambah lagi, Blibli bekerja sama dengan 20 mitra pengiriman untuk menyediakan berbagai opsi pengiriman, termasuk pengiriman cepat seperti 2 Hour Delivery, Instant Delivery, dan Same Day Delivery. Ada pula fasilitas Fulfillment By Blibli (FBB), di mana UMKM dan brand-brand lokal dapat menggunakan jasa end-to-end logistics yang memanfaatkan 20 warehouse dan 32 hub Blibli yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

“Dukungan logistik akan selalu menjadi bagian dari Blibli, selain Galeri Indonesia sebagai kategori khusus bagi UMKM dan pelatihan kewirausahaan yang konsisten dilaksanakan Blibli untuk mengembangkan kemampuan digital para pelaku UMKM dan brand-brand lokal,” pungkas Andreas.

Selama pandemi, Blibli giat mendukung pemberdayaan UMKM melalui berbagai inisiatif yang dilakukan bersama pemerintah, baik bersama berbagai kementerian dan Bank Indonesia. Blibli terus meluncurkan inisiatif baru di tengah pandemi seperti program Kakak Asuh UMKM dan mendorong digitalisasi UMKM agar mereka lebih kompetitif di pasar. Blibli pun juga menghadirkan kompetisi Blibli Big Start Indonesia yang memberikan pelatihan kepada UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top