Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

Merek-merek Ternama Rayakan Kelahiran Royal Baby

Beberapa merek terkenal seperti Coca-cola, Google, dan Tesco berbondong-bondong merayakan kelahiran dari sang ‘royal baby’. Meski ini termasuk dalam strategi kampanye pemasaran, namun para pakar marketing mengungkapkan bahwa perayaan ini sangat jauh berbeda dari perayaan kerajaan dan berisiko menyusutkan kredibilitas.

William-and-Kates-Baby-Date-Weight-sweepstake-2002794

Kendati begitu, kelahiran putra pertama dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton ini diharapkan dapat memberi suntikan dana segar sebesar 24 juta poundsterling kepada perekonomian Inggris yang sempat terhenti.

Merek Coca-cola mengucapkan selamat kepada bayi yang lahir pada tanggal 22 Juli lalu dengan iklan pers yang berbunyi, “Time for a Royal Celebration” dengan dua botol kola (seperti tos) berlabel Will dan Kate. Ini merupakan bagian dari tema iklan mereka yang diberi nama “Share a Coke“.

coca cola

Berbeda lagi dengan Google. Perusahaan yang fokus pada jasa dan produk internet ini mengeluarkan sebuah kartu ucapan online, di mana simpatisan dunia dapat mengirim pesan kepada ‘Duke and Duchess of Cambridge’. Bentuk fisik dari kartu ucapan itu nantinya akan dikirimkan ke Kensington Palace.

google

Sementara itu, Tesco memeriahkan kelahiran royal baby melalui iklan pers bersamaan dengan promosi sampanye miliknya yang bernama ‘Moet & Chandon’. Iklan tersebut juga bertuliskan “It’s a Prince!”.

tesco

Menanggapi merebaknya kampanye dari berbagai merek, Joanne Denney-Finch, Chief Executive IGD mengungkapkan bahwa, “Kelahiran adalah sebuah momen berharga yang dapat meningkatkan perasaan pembeli dan mendorong mereka untuk membeli produk tersebut.”

Momen ini memang menjadi langkah yang baik untuk ajang promosi, tapi bila merek yang memanfaatkannya tidak memiliki hubungan nyata dengan perayaan kerajaan, itu justru hanya akan merusak kredibilitasnya.

“Banyak pemasar yang serampangan dalam beriklan, bahkan anonim dan kemudian hilang. Sukses adalah tentang kekuatan ide, kesesuaian antar merek dan acara, serta waktu. Sebagian merek hanya akan membuang-buang uang mereka, atau bahkan lebih buruk bila tidak mencakup semua lini tersebut,” tambah Dale Gill, Chief Executive Profero, yang telah menciptakan kampanye ‘Royal Baby’ untuk Great Ormond Street Hospital Children’s Charity.

Selain Coca-cola, Google, dan Tesco, beberapa merek lain yang ikut meramaikan perayaan tersebut adalah:

–          Marks & Spencer: Meluncurkan iklan dengan gambar bayi yang dikombinasikan dengan tulisan “Royal Etiquette Guide”.

–          BT: Memberikan pesan khusus bertuliskan “It’s a boy” di puncak menara komunikasi London.

–          Jelly Babies: Permen manis milik Haribo ini meluncurkan produk khusus sebagai edisi “Royal Jelly Babies” beberapa minggu sebelum kelahiran.

–          Magnum: Merilis iklan yang mengajak para penggemar Magnum untuk men-tweet dengan tagar (hashtag) #MiniRoyal.

 

Sumber: MarketingWeek.co.uk

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top