Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Merek – Merek Popular di Ranah Digital versi IDPBA 2019

Marketing – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah gaya hidup dan perilaku konsumen dalam mencari, memilih serta keputusan membeli. Alhasil, perusahaan dituntut agar selalu kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk dan jasanya.

Dalam menghadapi persaingan gelombang digitalisasi yang kian masif mendorong banyak perusahaan untuk melakukan transformasi digital. Ini bertujuan supaya perusahaan menjadi lebih adaptif terhadap perubahan dan bisa bersaing dengan perusahaan rintisan teknologi.

Chairman Tras N Co Indonesia, Tri Raharjo, mengatakan, banyak perusahaan yang mulai menyadari bahwa transformasi digital adalah sesuatu yang harus mereka lakukan di era disrupsi ini.

“Digitalisasi saat ini mau tidak mau akan menjadi fokus utama bagi perusahaan khususnya pemasar untuk berlomba-lomba meraih kepercayaan konsumen,” jelasnya.

Sebagai upaya mengakomodir transformasi tersebut, sekaligus mengapresiasi perusahaan yang sukses membangun strategi pemasaran digital Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant menggelar Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019 untuk ke keempat belas kalinya.

Tras N Co Indonesia mengukur tingkat kepopuleran merek berdasarkan pilihan dari netizen dengan melibatkan tak kurang 150 kategori produk dengan 1.000 merek tersurvei yang dilakukan bulan Maret – Mei 2019.

Menurut Tri, pihaknya menetapkan standard yang cukup tinggi dalam proses penilaian. Hal tersebut dimaksudkan agar realibilitas penghargaan yang diberikan dapat terjaga secara baik.

Penerima penghargaan secara empiris telah lolos Survei Indonesia Digital Popular Brand Index berdasarkan tiga aspek penilaian yaitu Social Media Based, Search Enggine Based dan Website Based.

“Adapun, aspek yang dikaji bertujuan untuk mendorong para pelaku brand agar semakin kreatif, informatif, serta konsisten dalam rangka membangun keunggulan brandnya,” jelas Tri.

Penerima IDPBA 2019 merupakan merek-merek unggulan yang secara cerdas memanfaatkan ranah maya untuk optimalisasi kegiatan bisnis. Adapun, pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2019 Fase Kedua adalah Blackmores (Kategori Suplemen Makanan), KFC (Kategori Resto Fried Chicken), Salep 88 (Kategori Krim/Salep Anti Jamur), dan Jungle Land (Kategori Wahana Bermain Anak).

Kemudian, Milna (Kategori Bubur dan Biskuit Bayi), Germany Briliant (Kategori Shower), Ardilles (Kategori Sepatu Sandal), Inoac (Kategori Kasur Busa), serta BigFoam (Kasur Busa). Lalu, Telkomsel (Simcard Prabayar), SAP SuccessFactors (HR Information System), BNI Syariah (Bank KPR Syariah), Wijaya Karya (Jasa Kontraktor), dan OBH Combi Anak (Obat Flu dan Batuk Anak).

“Mempertahankan popularitas merek jauh lebih sulit dibandingkan dengan meraihnya, terlebih di era yang serba cepat seperti sekarang. Keberhasilan merek yang mendapatkan penghargaan merupakan bukti konsistensi dalam pengembangan merek di dunia digital,” beber Tri.

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top