Portal Lengkap Dunia Marketing

CONSUMER GOODS

Merek FMCG Raksasa yang Kuasai Kategori Perlengkapan Rumah di Dagang-el

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Produk yang dapat terjual secara cepat dengan harga yang relatif murah dan merupakan kebutuhan sehari-hari, atau yang biasa disebut Fast Moving Consumer Goods (FMCG), relatif masih mempesona meski di keadaan tidak menentu seperti sekarang. Apalagi, kini banyak dari merek FMCG yang juga masuk ke ranah digital sehingga lebih mudah dibeli pembelanja daring. Namun demikian, para produsen FMCG yang menjual produk serupa dari satu merek dengan merek lainnya tentu perlu mengatur strategi untuk mampu bersaing. Siapakah raja dari para raksasa pemain FMCG? Compas.co.id merangkum penjualan produk FMCG di kategori Perlengkapan Rumah[1] dari dua e-Commerce raksasa, Shopee dan Tokopedia.

compas Merek FMCG RaksasaDari sisi nilai produk terjual, pemain FMCG raksasa seperti Molto (10.177 transaksi), Wipol (10.051 transaksi), So Klin (7.812 transaksi), Paseo (4.723 transaksi), dan Rinso (4.701 transaksi) merupakan lima merek yang mencatatkan transaksi terbanyak. Lebih jauh, meskipun dikuasai Molto, nyatanya Wipol mencatat nilai penjualan paling tinggi dengan Rp141.536.342.

Dari sisi produk (SKU), berikut adalah lima produk FMCG yang paling laris di dagang-el:

  • Wipol Wipes Tisu Basah Disinfektan, dengan 6.935 transaksi
  • Molto Pelicin Pakaian Japanese Peach 400ml, dengan 4.263 transaksi
  • Tisu Paseo Smart Pack 50 Lembar, dengan 2.784 transaksi
  • So Klin Liquid Detergent Softergent Pouch 750ml, dengan 1.519 transaksi
  • Vixal Pembersih Porselen Kamar Mandi Ekstra Kuat 780ml, dengan 1.143 transaksi

Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa produk disinfektan seperti Wipol Wipes Tisu Basah Disinfektan masih menguasai penjualan FMCG di dagang-el lantaran permintaan masyarakat terhadap produk antiseptik maupun disinfektan masih tinggi di masa pandemi seperti ini. Selebihnya, kategori Kebersihan Binatu masih menyumbang transaksi dan nilai penjualan yang tinggi jika dibandingkan dengan kategori lainnya.

[1]  Compas Market Insight Dashboard penjualan kategori Perlengkapan Rumah (excl kategori: Peralatan Masak, Ruang Makan, Perlengkapan Aksesoris Dapur) periode 1 Januari 2021 – 22 Januari 2021 berdasarkan penjualan dan transaksi dari Shopee dan Tokopedia

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top