Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

Mercedes di Tengah Kontroversi Video ADOLF

iklanMercedesHitlerApa yang terjadi jika dunia tak pernah mengenal Adolf Hitler? Menyenangkan bagi sebagian besar orang di seluruh dunia, tapi Mercedes “tidak terhibur”. Setidaknya itu komentar merek mobil mewah asal Jerman ketika iklan mobil Mercedes C-Class yang dibuat oleh sekelompok mahasiswa iseng menjadi viral.

Iklan berdurasi satu menit dua puluh detik ini dibuka dengan tulisan “Unauthorized spot – no affiliation with Mercedes/Daimler AG” yang artinya iklan ini tidak berafiliasi dengan perusahaan Mercedes.

Mengangkat kelebihan fitur deteksi bahaya berupa rem otomatis pada mobil Mercedes C-Class, iklan ini mengajak para audiensnya berimajinasi liar dengan kembali ke masa kecil Adolf Hitler. Dalam iklan ini Mercedes C-Class, sebuah mobil mewah dengan fitur rem otomatis, digambarkan selain bisa menghindari tabrakan dengan anak-anak yang sedang bermain di jalan juga bisa menyelamatkan dunia dengan membunuh Hitler kecil.

Di akhir iklan, tubuh Hitler kecil terkapar dengan membentuk simbol swastika Nazi diiringi dengan teriakan seorang ibu menyebut nama Adolf.

Sontak iklan ini menghebohkan jagat maya. Iklan tidak resmi Mercedes ini telah ditonton 1,5 juta kali. Para pembuat iklan ini – Tobia Haase, Jan Mattler dan Lydia Lohse – mengatakan bahwa mereka ingin mengeksplorasi moral teknologi dengan mempertanyakan apa yang terjadi jika mesin memiliki jiwa.

Perusahaan induk Mercedes, Daimler, merasa jengkel dengan iklan ini sampai akhirnya meminta para pembuatnya menambahkan disclaimer bahwa proyek ini sekadar spoof atau tidak berafiliasi dengan perusahaan sebenarnya.

Iklan ini bisa menjadi contoh iklan yang viral karena kontroversinya. Sisi positifnya, dengan adanya kontroversi memberikan ‘spotlight’ bagi merek Mercedes dan produknya.

Bagaimana menurut Anda iklan ini?

[yframe url=’http://www.youtube.com/watch?v=MZGPz4a2mCA&feature=player_embedded’]

Sumber: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top