Marketing.co.id — Berita Consumer Goods | Sepanjang tahun 2023, Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) mencatat produksi teh nasional mencapai 116,51 ribu ton. Pusat Penelitian Teh dan Kina Indonesia juga melaporkan, bahwa konsumsi teh per kapita masyarakat Indonesia adalah sebesar 0,38 kg, yang mencakup teh serbuk, teh celup, dan teh dalam kemasan (ready to drink).
Pasar minuman teh di Indonesia masih memiliki potensi besar, yang dibuktikan oleh merek Teh Gelas, produk teh dalam kemasan dari PT CS2 Pola Sehat, OT Group, yang telah hampir dua dekade menemani konsumen Indonesia pecinta teh. Pada tahun 2007, OT Group memasuki pasar teh dalam kemasan melalui merek Teh Gelas. Produk pertama kali diproduksi di pabrik PT CS2 Pola Sehat, Tangerang.
Lahir dari gagasan inovatif, Teh Gelas menawarkan produk teh siap minum dengan kemasan yang berbeda dan menggunakan daun teh asli. “Keberadaan Teh Gelas tidak lepas dari kepercayaan konsumen Indonesia. Sejak peluncuran, Teh Gelas langsung mendapat sambutan luar biasa. Penghargaan TOP BRAND AWARD pada 2009 dan posisi sebagai Market Leader kategori RTD Tea pada 2011 adalah bukti bahwa Teh Gelas telah dipercaya konsumen. Di usia 18 tahun, Teh Gelas tetap menjadi pemimpin pasar dan pilihan utama konsumen Indonesia,” jelas Tonny Harmawan, CEO PT CS2 Pola Sehat, di acara DAHSYATNYA WEEKEND di Tasikmalaya, Jawa Barat.
Tasikmalaya dipilih sebagai lokasi acara karena Jawa Barat merupakan provinsi dengan lahan perkebunan teh terbesar di Indonesia, dengan 65% share lahan dan konsumsi teh terbesar menurut data BPS 2023. Acara DAHSYATNYA WEEKEND yang diselenggarakan di lapangan Bale Kota Tasikmalaya ini diramaikan dengan pertunjukan musik dari artis ternama.
Dalam rangka merayakan 18 tahun Teh Gelas, bekerja sama dengan salah satu stasiun televisi nasional untuk menghadirkan DAHSYATNYA WEEKEND. Dimana, ingin mengingatkan masyarakat bahwa Teh Gelas selalu menyajikan teh siap minum berkualitas yang terbuat dari daun teh asli.
“Selain itu, kami memperkenalkan kemasan baru dengan ekstra 20 ml dan promo ‘ASLI MENDADAK SULTAN’ untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Konsumen berkesempatan menemukan tulisan di balik tutup kemasan yang dapat ditukarkan dengan produk Teh Gelas cup atau uang tunai mulai dari Rp 2.000 hingga 10 juta, dengan total hadiah miliaran rupiah. Jadi, konsumen Teh Gelas bisa ‘mendadak menjadi sultan’,” ujar Kristin, Marketing Director Teh Gelas.
Teh Gelas terus berupaya memberi yang terbaik kepada konsumennya agar tetap menjadi pilihan utama. Rasa teh yang enak dan harga yang terjangkau adalah faktor utama bagi konsumen. Dengan menyediakan teh berkualitas dari daun teh asli dengan harga sangat terjangkau, yaitu Rp 1.000 untuk 180 ml, berharap Teh Gelas tetap menjadi pilihan utama.
Selain itu, Teh Gelas menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dengan produk turunan yang dibuat dari ampas daun teh. Produk-produk tersebut termasuk art paper (kertas seni) yang terbuat dari 50% ampas daun teh, tatakan gelas dengan kandungan ampas daun teh hingga 90%, dan sabun cair.
“Kami berharap inovasi ini bisa menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan limbah daun teh menjadi sesuatu yang berguna dan menjaga kelestarian lingkungan,” tutup Kristin.