Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Mengurai Benang Kusut Pandemi Covid-19 Bagi Industri Telekomunikasi (2)

Herfini Haryono - Vice President, Industry Verticals OmniSci

Herfini Haryono – Vice President, Industry Verticals OmniSci

Marketing.co.id – Optimalisasi kinerja jaringan telekomunikasi menjadi fokus utama bisnis telekomunikasi, sedangkan analisis, prediksi, serta pengaturan terkait pola pengiriman data yang dikirimkan melalui jaringan menjadi semakin penting.

Dengan meningkatnya kebutuhan layanan data yang berkelanjutan selama periode ini, perusahaan telekomunikasi juga perlu memastikan bahwa kemampuan untuk mendeteksi anomali dalam jaringan mereka juga telah meningkat. Proses pengambilan keputusan investasi pun akan sama cepatnya dengan permintaan layanan.

Kini perusahaan komunikasi perlu mempertahankan layanan jaringan yang andal dan meningkatkan tingkat layanan pelanggan di seluruh operasi selama periode yang tidak pasti ini. Data dan analisis interaktif berkecepatan tinggi dapat memberi mereka keunggulan komparatif — memungkinkan mereka untuk memahami pola historis churn pelanggan untuk membangun model pembelajaran mesin prediksi, meningkatkan pengalaman pelanggan melalui analisis geospasial dengan kekuatan sinyal, serta melihat jaringan dengan cepat untuk layanan teknis di lapangan dan pemeliharaan yang bersifat preventif.

Mengubah krisis menjadi peluang

Periode Pembatasan Sosial Berskala Besar ini mungkin tampak seperti masa perjuangan berat bagi perusahaan telekomunikasi dalam memenuhi peningkatan permintaan layanan mereka. Tetapi setiap krisis menghadirkan peluang, karena masa krisis ini menghadirkan peluang besar untuk meraih kepercayaan publik lewat penyediaan layanan jaringan yang stabil sekaligus menjaga bisnis pelanggan agar tetap berjalan sebaik mungkin.

Optimalisasi perencanaan kapasitas akan menjadi kunci utama sehingga penyedia telekomunikasi perlu meningkatkan kemampuan mereka dalam menganalisis dan memvisualisasikan rekaman data yang kompleks pada skala tertentu. Di sinilah kekuatan akselerasi analitik akan hadir, memberdayakan perusahaan telekomunikasi untuk melapisi dataset jaringan yang ada dengan pemodelan, dan analisis cakupan yang mereka butuhkan untuk menghadirkan jaringan yang efisien dan terus mengoptimalkan kinerja.

layanan data industri telekomunikasi

Business person analyzing financial statistics displayed on the tablet screen

Permasalahan yang seperti benang kusut ini dapat perlahan diatasi dengan penggunaan data dan analitik. Kehadiran platform akselerasi analitik dapat memberdayakan perusahaan telekomunikasi untuk melapisi data geospasial, menghasilkan heatmaps, choropleth dan melakukan analisis spatio-temporal serta menghasilkan wawasan granular real-time yang terkait dengan kecepatan dan jangkauan jaringan.

Selain itu, lewat pemanfaatan akselerasi data dalam memori, operator telekomunikasi dapat mencocokkan permintaan konsumen secara efektif dan real-time, dengan kemampuan untuk mempercepat algoritma pembelajaran mesin dan menghasilkan analitik prediktif untuk mengidentifikasi penempatan antena yang optimal selama periode saat ini.

Oleh: Herfini Haryono, Vice President of Industry Verticals, OmniSci

(Selesai)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top