Mengupas Penerapan Game dalam Pemasaran

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

www.marketing.co.id Penerapan game dalam pemasaran atau Gaming Your Market adalah memandang bahwa semua konsumen kita sebenarnya adalah gamer yang menghargai hiburan yang bermanfaat serta semua hal yang sifatnya “fun”. Pasar selalu bisa di-engage dan di-drive oleh strategi yang sifatnya “fun”. Semua itu bisa disiasati dengan memahami game beserta semua mekanismenya lalu menerapkannya ke dalam aktivitas marketing Anda.

Alangkah lebih baik jika kini perusahaan memandang para konsumennya sebagai gamer. Konsumen adalah individu yang dibesarkan dengan bermain. Oleh karena itu “fun” adalah satu-satunya unsur yang dapat menggerakkan mereka. Perusahaan kini juga harus menyadari bahwa bukan kebutuhan yang menggerakkan konsumen, melainkan keinginan – Needs does not drive people – Desire does. Lalu apa yang sebenarnya memicu keinginan atau desire dari konsumen mereka? Tentu bukan iklan dan segala bentuk promosi lainnya, melainkan hiburan dan permainan.

Maksud konsep Gaming Your Market di sini, bukan berarti kita harus selalu menciptakan game untuk setiap aktivitas marketing yang dilakukan, tetapi lebih pada kejelian kita untuk bisa meneliti, memilih, menemukan, dan menerapkan segala mekanisme yang ada pada game-game tertentu ke dalam aktivitas marketing. Untuk hal ini diperlukan pemahaman dan pengalaman yang cukup dalam mengenai game beserta industrinya.

Dengan bagusnya penerapan Gaming Your Market maka dijadikan sebuah judul buku oleh Ivan Mulyadi selaku pemerhati game dan Redaksi Majalah Marketing yang berusaha untuk menyamakan persepsi dan pemahaman kita tentang game secara umum, khususnya video game. Hal ini perlu agar pada waktu kita membahas penerapan aplikasi dan mekanisme game ke dalam konsep atau aktivitas marketing, kita sudah mempunyai pemahaman dan persepsi yang sama tentang game (khususnya video game).

Buku Gaming Your Market mengajak kita untuk bisa memanfaatkan game dan segala mekanismenya supaya bisa bermain lebih cantik di pasar. Game adalah channel yang paling bisa melibatkan (engage) sekaligus menggerakkan (drive) pasar Anda. Jadi engage and drive your market, dan selamat menikmati hidup!

Judul: Gaming Your Market
Penulis: Ivan Mulyadi
Penerbit: Publishing One
Tebal: (244) hal
Cetakan: I, November 2012