Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

Menghubungkan dan Melibatkan Bisnis dengan Generasi C

generasi c

Generasi C adalah generasi yang selalu terhubung dengan dunia maya (Foto: Sutterstock)

Generasi C menuntut pelayanan prima, harga kompetitif, dan pengiriman cepat. Ketika mereka tidak mendapatkan apa yang diinginkan, teman-teman, pengikut, serta penggemar mereka akan mengetahuinya.

Lalu, bagaimana kita bisa dengan efektif berkomunikasi dengan audiens ini? Brian Solis dalam tulisannya yang dimuat Socialmediatoday mengatakan, kita bisa mulai dengan menyadari bahwa kita merupakan bagian dari generasi C.

Ini bukan tentang kelompok usia, melainkan tentang gaya hidup digital. Generasi C adalah generasi yang selalu terhubung dengan dunia maya.

Agar sukses, kita harus berpikir seperti seorang marketer yang terhubung. Berikut 4 langkah penting untuk melibatkan diri dengan audiens yang sulit dipahami ini:

Harus pede

Segala sesuatu yang mereka lakukan, pikirkan, serta alami selalu dibagikan melalui jejaring sosial. Kabar baiknya, kita tak perlu lagi harus menebak pesan apa yang relevan.

Kita bisa mempelajarinya melalui percakapan, koneksi serta menggunakan wawasan tersebut untuk menginformasikan kampanye global, nasional, dan hyper-local yang beresonansi dengan para pelanggan.

Pahami pelanggan satu per satu

Setelah kita berhasil menarik perhatian bahkan membuat pelanggan tertarik, apa yang harus kita lakukan untuk mengubahnya menjadi aksi? Tentunya dengan memanfaatkan insight yang kita dapatkan dari setiap perjalanan hidup mereka.

Ketimbang memaksa semua orang melalui saluran pemasaran, penjualan dan layanan yang sama, lebih baik memosisikan diri sebagai pemberi informasi terpercaya, membantu mereka secara pribadi.

Bekerja sama dengan pihak lain

Tanpa sepengetahuan Anda, orang-orang membicarakan merek Anda. Pelanggan potensial bertanya melalui media sosial, membandingkan harga menggunakan aplikasi mobile, membaca ulasan secara real-time, serta melihat video untuk mengetahui produk lebih lanjut.

Mereka bisa membeli atau tidak tanpa pernah berkomunikasi dengan Anda sekalipun. Sayangnya, Anda tidak bisa begitu saja masuk dalam percakapan tersebut. Anda membutuhkan orang lain atau partner untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Anda bisa bekerja sama dengan komunitas misalnya?

Membangun perjalanan pelanggan baru yang dinamis

Dengan menyelaraskan strategi marketing serta layanan dengan kebutuhan generasi C, kita dapat menjadi rekan terpercaya untuk pelanggan.

Ketika saluran dan pesan sejalan dengan apa yang mereka cari dan tersedia tepat ketika mereka membutuhkannya, kita akan mendapatkan lebih dari sekadar loyalitas dan kepercayaan. Kita akan mengubah strategi marketing serta cara melakukan bisnis.

Editor: Wahid FZ, Sekar Ayu

[/dropcap]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top