Menggapai Kemerdekaan Finansial Ala Nasabah DepositoBPR by Komunal

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Data dari Badan Pusat Statistik tahun 2021 mengungkapkan bahwa generasi milenial di Indonesia, yang berusia antara 27 hingga 42 tahun, mencapai jumlah 67,5 juta orang atau sekitar seperempat dari total penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa.

depositoBPR by Komunal
Generasi milenial perlu strategi dalam menggapai kemerdekaan finansial. (insert: Vera Rosana, Kepala Marketing DepositoBPR by Komunal).

 

Meski jumlahnya signifikan, kaum milenial ini seringkali dihadapkan pada tantangan finansial yang cukup berat untuk mencapai kemerdekaan finansial. Hasil studi “Striving for Balance, Advocating for Change: The Deloitte Global 2022 Gen Z & Millennial Survey” yang dilakukan oleh firma konsultansi global Deloitte pada tahun 2022 turut menggambarkan permasalahan ini.

Survei ini mengungkap bahwa hampir separuh kaum milenial di seluruh dunia, sekitar 47%, harus mengandalkan pendapatan gaji mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup dan merasa khawatir akan kesulitan dalam mengatasi pengeluaran sehari-hari. Selain itu, survei ini juga menunjukkan bahwa 31% kaum milenial merasa tidak yakin akan memiliki pensiun yang nyaman di masa depan.

Menyikapi situasi ini, Vera Rosana, Kepala Marketing DepositoBPR by Komunal, menggarisbawahi pentingnya generasi muda mempelajari strategi pengelolaan keuangan dan investasi yang tepat. Vera menjelaskan bahwa “merdeka finansial” bukan hanya tentang mencukupi pengeluaran seumur hidup, tetapi juga memenuhi kebutuhan utama bagi generasi mendatang. Namun, definisi kemerdekaan finansial dapat berbeda-beda tergantung pada tujuan dan nilai-nilai hidup masing-masing individu.

Vera menegaskan bahwa menetapkan tujuan kemerdekaan finansial dengan jelas menjadi langkah awal yang penting. “Tujuan akan mempengaruhi strategi yang diambil dan membedakan hasil yang akan dicapai,” ujar Vera.

Ada beberapa strategi yang dapat ditempuh oleh kaum milenial untuk mencapai kemerdekaan finansial, seperti pengelolaan pengeluaran yang bijak, pola hidup hemat, pengendalian konsumtif, menabung, berinvestasi, dan meningkatkan pendapatan aktif serta pasif.

Vera menjelaskan bahwa walaupun banyak orang memiliki situasi keuangan awal yang serupa dan menerapkan strategi yang sama, hasilnya tetap dapat berbeda. Kunci keberhasilan terletak pada kemauan untuk terus belajar, komitmen, dan disiplin dalam menerapkan strategi yang telah ditetapkan. Vera menekankan bahwa hasil yang konsisten dari strategi sederhana cenderung lebih baik daripada strategi yang kompleks tetapi kurang konsisten.

Beberapa kaum milenial telah mengambil langkah-langkah untuk meraih kemerdekaan finansial. Salah satunya adalah diversifikasi instrumen investasi. Contohnya adalah Lita Gunawan, seorang ibu rumah tangga berusia 42 tahun dari Jawa Barat, yang memilih untuk berinvestasi di DepositoBPR by Komunal. Lita merasa terbantu dalam mengelola keuangan setelah menemukan instrumen ini. Dia memilih DepositoBPR by Komunal karena menawarkan bunga yang menguntungkan dengan risiko minimal dan juga aman dengan jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Hal serupa juga dialami oleh Marlin, seorang wiraswasta berusia 35 tahun dari Sulawesi Utara. Marlin memutuskan untuk berinvestasi di DepositoBPR by Komunal setelah pengalamannya dengan investasi yang kurang konsisten. Kini, Marlin merasa lebih tertata dalam mengelola keuangan dan memiliki tujuan finansial yang jelas, seperti membeli rumah, biaya kuliah anak-anak, dan dana pensiun.

Johnfen, seorang guru di Sumatera Utara, memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai kemerdekaan finansial melalui investasi di DepositoBPR by Komunal. Motivasi ini didorong oleh bunga yang lebih tinggi dan berbagai promosi menarik yang ditawarkan oleh produk ini. Investasi di DepositoBPR by Komunal juga membantu Johnfen lebih teratur dalam mengelola keuangan pribadinya.

Vera menyimpulkan bahwa melalui wawancara dengan sejumlah nasabah, ditemukan bahwa investasi di DepositoBPR by Komunal membantu merapikan pola pengelolaan keuangan mereka. Meskipun belum semua mencapai kemerdekaan finansial, perkembangan positif menuju tujuan tersebut sudah terlihat.

Dengan pengetahuan perencanaan keuangan yang baik, komitmen, dan disiplin dalam menerapkan strategi keuangan, serta perhatian terhadap keamanan instrumen investasi, para kaum milenial memiliki peluang besar untuk mencapai kemerdekaan finansial yang diidamkan. Melalui langkah-langkah yang bijak, generasi milenial dapat meraih kemerdekaan finansial mereka sendiri.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here