Menembus Ketatnya Persaingan di Pasar Perangkat Elektronik Rumah Tangga Indonesia

[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Tumbuhnya pasar perangkat elektronik rumah tangga di Indonesia melahirkan sejumlah brand lokal yang mengusung kecanggihan teknologi dan estetika desain (Foto: Freepik.com)

Dengan strategi yang tepat dan memanfaatkan peluang yang ada, brand lokal dapat menjadi pemain utama di pasar perangkat elektronik rumah tangga

Marketing.co.id – Berita Marketing | Gaya hidup masyarakat modern di Indonesia saat ini menuntut semakin banyak masyarakat yang bekerja di luar rumah dan memiliki sedikit waktu untuk mengurus pekerjaan rumah tangga.

Di tengah situasi semacam ini, perangkat elektronik rumah tangga memainkan peran penting, membantu menghemat waktu dan tenaga. Masyarakat pun memanfaatkan perangkat elektronik rumah tangga untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Artinya lebih sehat, lebih hemat, lebih bersih dan lebih nyaman.

Pertumbuhan konsisten di pasar perangkat elektronik rumah tangga Indonesia selama dekade terakhir telah menjadi cerminan yang menggambarkan peningkatan lapisan kelas menengah di Indonesia. Ditemui di sela kegiatannya sebagai pembicara (6/6), Nadia Isnuari Harsya CFP®, Financial Content Creator, dan pegiat literasi keuangan menyebut ini terjadi karena membaiknya pendapatan masyarakat yang berdampak pada meningkatnya taraf hidup.

Menurutnya, perbaikan taraf hidup mendorong masyarakat membeli perangkat elektronik rumah tangga untuk meningkatkan kualitas hidup. Ketika kebutuhannya muncul, pas pula teknologi perangkat elektronik rumah tangga terus berkembang, makin banyak fitur dan fungsi tersedia. Sehingga, perangkat elektronik rumah tangga lebih menarik bagi konsumen dan mendorong mereka melakukan upgrade.

Selain itu, perangkat elektronik rumah tangga kini semakin mudah diakses, semakin banyak toko elektronik yang buka di berbagai daerah. Konsumen bisa membeli perangkat elektronik rumah tangga secara online, membandingkan desain, harga dan fitur lebih mudah, sehingga lebih mudah memilih produk yang paling tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Lebih lanjut Nadia mengatakan, memiliki perangkat elektronik rumah tangga yang fungsional, stylish dan canggih di Indonesia saat ini dapat menjadi simbol status sosial. Hal ini mendorong masyarakat untuk terus membeli perangkat elektronik rumah tangga terbaru. Umumnya, saat memilih perangkat elektronik rumah tangga, masyarakat merasa penting mempertimbangkan fungsi dan estetika. Perangkat elektronik rumah tangga yang stylish dan fungsional dipercaya dapat meningkatkan estetika ruangan dan membuatnya terlihat lebih menarik. Tentu ini membuat penghuninya merasa lebih nyaman dan betah di rumah.

“Perangkat elektronik rumah tangga yang stylish mencerminkan kepribadian penghuni. Penghuni cenderung memilih perangkat elektronik rumah tangga dengan desain yang sesuai dengan selera dan gaya mereka. Apalagi, penelitian menunjukkan bahwa warna dan desain dapat memengaruhi mood dan produktivitas. Itulah sebabnya kedua hal ini menjadi fokus konsumen saat memilih perangkat elektronik rumah tangga yang diinginkan,” ungkap Nadia menambahkan.

Selama 5 triwulan berturut-turut, industri elektronik Indonesia menunjukkan performa luar biasa dengan mencatatkan pertumbuhan fantastis. Data PBS menunjukkan, industri ini mengalami lonjakan pertumbuhan sebesar 12,56% di triwulan ketiga 2022, diikuti 7,62%, 12,78%, 17,32%, dan 13,68% di triwulan berikutnya. Pertumbuhan fantastis ini menandakan bahwa industri elektronik Indonesia memiliki prospek cerah dan siap terus berkembang di masa depan.

Pertumbuhan industri perangkat elektronik rumah tangga ini tentunya membuka peluang besar bagi brand-brand lokal baru untuk berkembang dan bersaing di pasar. Dengan strategi yang tepat dan memanfaatkan peluang yang ada, brand lokal dapat menjadi pemain utama dalam industri ini. Saat ini ada banyak perusahaan lokal yang menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Salah satunya REIWA.

Selain membawa perangkat elektronik rumah tangga dengan desain stylish dan teknologi unggul, REIWA juga tak segan menawarkan program garansi 180 hari ganti baru untuk memastikan kualitas dan kepuasan konsumen.

COO REIWA Abraham Wijanarko mengatakan, masyarakat saat ini semakin sadar akan pentingnya teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup. Oleh karenanya, REIWA hadir dengan produk-produk yang menjawab kebutuhan tersebut dengan harga yang kompetitif.

Sebagai pendatang baru di segmen perangkat elektronik rumah tangga, REIWA sadar betul perjalanan yang akan ditempuhnya tak mudah. Oleh karenanya, REIWA memposisikan diri sebagai brand aspiratif yang didukung jaringan distribusi yang lengkap. Produk-produknya pun fokus pada fitur premium dan desain estetik dengan kisaran harga yang kompetitif. Tujuannya agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat kelas menengah mendapatkan produk perangkat elektronik rumah tangga kelas atas namun dengan harga yang kompetitif.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here