Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Mencuci Tangan Tak Bau Terasi

 

Via Rusaimah.blogspot.com

Terasi merupakan salah satu produk fermentasi yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Salah satu bumbu masakan ini memiliki rasa dan bau khas yang menyengat.

Pada umumya, masyarakat Indonesia sangat menyukai berbagai jenis makanan yang menggunakan terasi, seperti tumis kangkung terasi, nasi uduk sambal terasi, dan pecel ayam sambal terasi. Terasi selalu menjadi resep andalan bagi ibu-ibu rumah tangga dan para koki restoran Indonesia dalam menyajikan makanan terbaik mereka.

Sambal terasi memang jadi salah satu menu yang lezat banget. Aroma dan rasanya yang luar biasa lezat membuat acara makan makin bergelora. Nah, sayangnya bau terasi yang tajam kadang tertinggal di tangan. Apalagi yang memasak sambal terasi atau makanan yang menggunakan terasi. Tangan tetap bau terasi bahkan saat sudah menggunakan sabun. Lalu, bagaimana sih cara mencuci yang benar agar baunya benar-benar musnah?

Cara Menghilangkan Bau Terasi

  1. Jeruk nipis

Senyawa-senyawa kimia dalam jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi bau terasi. Seperti kandungan asam sitrat yang dapat mengurangi bau terasi dengan cara menurunkan atau menetralkan pH dari senyawa basa nitrogen volatil yang terdapat pada terasi.

Kandungan senyawa minyak atsiri yang memiliki aroma khas yang segar pada jeruk nipis juga mampu menutupi bau terasi yang melekat pada tangan kita. Sebab, minyak atsiri juga termasuk senyawa volatil. Cara penggunaannya adalah dengan menggosokkan atau merendam tangan kita pada air perasan jeruk nipis selama beberapa saat hingga bau terasi hilang.

  1. Pasta gigi

Pasta gigi memiliki kandungan fluoride di dalamnya yang mampu mengeluarkan aroma segar dan menyingkirkan bau terasi di tangan. Oleskan saja sedikit pada tangan dan ratakan. Tambahkan sedikit sabun cuci tangan dan bilas dengan air sampai bersih.

  1. Aroma mint

Kita dapat menggunakan sabun atau antiseptik dengan aroma mint untuk menghilangkan bau terasi pada tangan, ataupun dengan menggunakan tumbuh-tubuhan yang juga mengandung aroma mint, seperti daun mint.

Aroma mint ini biasanya berasal dari ekstrak senyawa golongan minyak atsiri seperti mentol, menton, mentil asetat dan lain-lain. Aroma segar yang kuat dari senyawa-senyawa ini sangat efektif dalam mengatasi bau terasi pada tangan kita.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top