Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Menargetkan Pasar Perempuan dalam Kampanye Marketing

pasar perempuan

Strategi marketing untuk menjangkau pasar perempuan. Foto/ www.trainbellresort.com

Dengan kata lain, kampanye yang Anda buat dan rancang benar-benar ditujukkan untuk perempuan. Penelitian terbaru Beyond Pink: Marketing To Women mengungkapkan beberapa fakta menarik tentang pasar perempuan serta daya beli mereka. Berikut beberapa fakta menarik tentang perempuan dikutip koozai.com:

  • Perempuan menyumbang sekitar 85% dari total pembelian konsumen, mulai dari mobil hingga perawatan kesehatan.
  • Sekitar 75% perempuan bertanggung jawab atas pengeluaran rumah tangga.
  • Tahun 2014, hampir 21 juta dari semua ibu online akan mengunjungi blog.
  • Sekitar 68% pengguna kode QR adalah perempuan.
  • Ibu sedang online (melalui komputer atau mobile) menghabiskan sekitar 6 jam per hari.
  • Perempuan menghabiskan 40% lebih banyak waktu mereka di media sosial ketimbang laki-laki.

Tentunya penelitian ini dapat digunakan secara efektif untuk menargetkan audiens perempuan. Pertanyaannya, apa cara efektif yang bisa dilakukan untuk menargetkan perempuan?

Untuk menjawabnya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui siapa pasar perempuan yang ditargetkan, atau apakah Anda mengubah ulang pemasaran dan fokus ke arah perempuan?

Dalam hal ini, Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk meneliti sebelum meluncurkan kampanye, 80:40. Di mana 80% waktu Anda harus dihabiskan untuk research dan insight target pasar dan 20% untuk eksekusi.

Berikut 4 aturan utama yang perlu Anda ikuti jika ingin kampanye Anda yang menargetkan perempuan sukses:

Kenali mereka

Jika ingin memasarkan produk ke mereka, Anda harus tahu lebih mendalam tentang mereka. Siapakah target audiens Anda Anda, generasi Y atau Baby Boomers?

Ini penting, mengetahui demografi target audiens, serta tahap kehidupan mereka merupakan kuncinya. Intinya, kenali audiens dan Anda akan mencapai mereka dengan lebih efektif.

Bangun hubungan

Bagi perempuan, membangun hubungan adalah hal yang sangat penting. Mereka mengharapkan Anda memperlakukan mereka seperti teman. Jadi, dengarkan dan berbicara lah dengan mereka, mungkin akan berakhir dengan pembelian.

Bicara dalam bahasa mereka

Bicaralah dalam bahasa mereka. Jika Anda menargetkan perempuan muda, Anda harus mempekerjakan seseorang yang dapat berbicara bahasa mereka. Lihat forum, blog, review, komunitas, dan pelajari bahasa dan kata-kata yang mereka gunakan. Dengan begitu, Anda mungkin akan menemukan beberapa kata kunci yang bisa dimasukkan ke dalam Google secara rutin.

Tambahkan pria dalam kampanye

Perempuan ingin menonton video yang dibintangi oleh pria. Menurut penelitian, 88% perempuan lebih mungkin tergoda jika menampilkan seorang pria. Jika tidak percayaa, lihatlah video di bawah, bagaimana perusahaan ini mengambil risiko dengan menampilkan pria dalam kampanye mereka.


Editor Wahid FZ

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top