Portal Lengkap Dunia Marketing

Yuliana Agung

Membuka Laboratorium Klinik

Pertanyaan:

Sekarang ini, saya bekerja dalam suatu divisi pemasaran di satu laboratorium sebuah rumah sakit. Jasa yang ditawarkan di sana adalah pemeriksaan general check up. Kini perusahaan saya bermaksud untuk memperluas laboratorium ke berbagai lokasi. Pertanyaan saya, kualitas pelayanan apa yang bisa ditonjolkan dalam jenis usaha seperti ini ketika memperluas laboratorium saya? Terima kasih.

KD, Ungaran

Jawab:

Kesuksesan sebuah laboratorium klinik sangat ditentukan oleh strategi pemasarannya. Jika dibandingkan dengan produk dan layanan lain, untuk dapat memasarkan klinik diperlukan trik-trik tertentu, sehingga tidak terlalu terkesan hard selling dan menjadi terkesan kurang etis karenanya. Selain strategi, diperlukan juga waktu, karena kita perlu membangun reputasi dengan cara soft selling.

Bagaimana caranya? Kita tentu memerlukan testimonial dalam hal ini. Klinik haruslah dapat membangun reputasinya lewat promosi dari mulut ke mulut, yang berarti membiarkan para pelanggan Anda sendiri yang menyebarkan berita-berita baik tentang klinik Anda. Dalam hal ini, Anda perlu membangun kepuasan pelanggan dari setiap pelanggan yang ada.

Kepuasan pelanggan akan tercapai tentunya jika harapan mereka bisa terpenuhi. Untuk mengetahui apa harapan pelanggan, analisislah terlebih dahulu dengan melakukan segmentasi melalui cara mengidentifikasi kebutuhan dari tiap-tiap segmen.

Anda menentukan tempat setelah yakin betul bahwa lokasi yang dekat menjadi harapan yang menentukan dari pelanggan klinik. Kadang-kadang untuk kota yang relatif kecil, lokasi bukanlah faktor yang terpenting untuk sebuah laboratorium, mengingat frekuensi kunjungan ke klinik juga tidak terlalu sering.

Faktor kuncinya di sini adalah reputasi. Bahkan, hampir pada semua segmen pasar ditemukan bahwa reputasi adalah benefit yang paling sering dicari. Selebihnya adalah faktor-faktor pelayanan yang dapat menunjang reputasi, seperti tim dokter, keramahan staf, kelengkapan, kebersihan, ketepatan waktu, akurasi, serta kejelasan dalam memberikan konsultasi.

General check up adalah suatu layanan yang tentunya cocok untuk target pasar yang terdiri dari orang-orang yang peduli akan kesehatan. Umumnya, mereka adalah kelompok middle-up. Maka sudah pasti faktor-faktor di atas tadi merupakan atribut layanan yang dapat dibangun dengan menciptakan kepuasan, promosi dari mulut ke mulut, dan reputasi, sementara iklan hanya akan membantu untuk membangun awareness saja. Selamat bekerja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top