Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Membuat Siaran Pers yang Efektif

PR-release-newspapers-fly-out-of-a-laptopTak dapat dipungkiri bahwa siaran pers adalah senjata utama para PR. Senjata ini digunakan untuk memberi bahan tulisan kepada para jurnalis untuk meningkatkan citra merek. Walau begitu, masih banyak PR yang tidak memaksimalkan siaran pers, padahal itu adalah senjata utama mereka.

Kendati demikian, ada beberapa siaran pers cerdas yang membuat para jurnalis mengatakan, “Wow”. Nah, agar siaran pers yang Anda sebarkan termasuk dalam siaran pers cerdas, maka ada baiknya Anda mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1.       Buat Subyek yang menarik

Penyebaran siaran pers melalui email telah banyak dilakukan, untuk itu, buatlah subyek email semenarik mungkin demi menarik perhatian wartawan. Ada baiknya Anda memikirkan sejak awal subyek email ketika membuat siaran pers, atau Anda juga bisa menarik inti dari siaran pers tersebut untuk dijadikan subyek email, yang penting jangan terlalu panjang.

2.       Ucapan salam yang sopan

Anda tidak akan pernah tahu kondisi mood calon pembaca siaran pers Anda bukan? Untuk itu, selalu memberikan sapaan yang sopan akan sedikit berguna.

3.       Jangan buat siaran pers

Siaran pers yang menarik adalah siaran pers yang modelnya tidak seperti siaran pers kebanyakan. Terlalu monoton jika Anda membuat siaran pers dengan format yang sama berulang – ulang, dan ada kemungkinan bahwa siaran pers Anda tidak dibaca oleh wartawan karena tak menarik. Lebih baik Anda membuat siaran pers yang kreatif dan berbeda.

4.       Tulis dengan Singkat

Menulis dengan singkat akan membantu wartawan memahami dengan cepat maksud dari tujuan Anda. Tulis saja dengan cepat dan singkat mengapa mereka harus membaca attachment siaran pers Anda dan memberitakannya.

5.       Poin penting

Ada baiknya Anda memberikan poin – poin penting yang berkenaan dengan berita yang membuat wartawan tertarik. Poin juga akan membantu wartawan dengan cepat memahami siaran pers yang Anda sebarkan.

6.       Mengajak pembaca berbicara lebih lanjut

Tak ada salahnya untuk menuliskan kalimat seperti, “Hubungi saya jika ada pertanyaan lanjutan atau segala sesuatu yang Anda butuhkan” pada siaran pers Anda. Hal itu akan membuat para pembaca merasa dihargai. Wartawan juga menjadi tak segan untuk terbuka dalam membuat berita tentang perusahaan/produk Anda.

7.       Memberikan sesuatu yang menyenangkan

Sama seperti anak – anak, wartawan juga akan sangat senang bila diberi sesuatu yang menyenangkan, karenanya, banyak yang menggunakan goody bag untuk dibagikan. Namun akan lebih baik jika siaran pers yang Anda kirim memberikan sesuatu yang menyenangkan. Misal seperti infographic terkait siaran pers yang dapat di download, foto, kartun, atau sebagainya.

Ingat, saat Anda menulis siaran pers, Anda menulisnya untuk orang lain. Gunakan pendekatan yang baik untuk mereka. Tak ada yang menginginkan tulisan bertele – tele, karena akan terasa membosankan.

 

Sumber: PRDaily.Com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top