Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Membangkitkan Merek dari Kematiannya

Setenar apapun merek, bila telah mati rasanya akan sangat sulit untuk dihidupkan. Namanya semakin redup dan bahkan hilang. Lantas bagaimana cara menghidupkan merek yang mati?

Produk cemilan keluaran Hostess, Twinkies sempat mati akhir tahun lalu. Hostess pun dijual pada bulan Maret dan kini dimiliki oleh pemilik baru. Tiga bulan berselang, tepatnya Juni 2013 kemarin, manajemen mengumumkan bahwa Twinkies akan comeback di bulan Juli bersama merek Hostess lain seperti CupCakes serta Zingers. Dan inilah cara yang mereka terapkan.

Hostess Twinkies before after

Untuk menghidupkan merek yang mati, seorang PR dari LAK yang menangani Hostess, Hannah Arnold menampilkan pre-launch bertema “The Sweetest Comeback in the History of Ever” beserta program pemasaran juga website terbarunya.

Caranya, mereka menggunakan pembaca prakiraan cuaca di Today Show yang cukup kenamaan, Al Roker. Pada acara Today Show, Twinkies kemudian disebarkan kepada khalayak ramai. Akibatnya, antara akhir Juni hingga pertengahan Juli, Hostess pun banyak diperbincangkan di Twitter. Tak hanya itu, pengikut Instagramnya pun meningkat hingga 2.100%, dan ada sekitar 500.000 penggemar baru di fanpage Facebooknya.

Tapi itu hanya di media sosial, bagaimana kenyataannya? Apakah berimbas pada penjualannya? Eits jangan salah, hanya berselang tiga hari setelah kampanye, jumlah penawaran produk Hostess mengalami peningkatan sebanyak 100 juta unit Twinkies dan CupCakes. Jebret banget nggak sih?

Arnold lalu menjelaskan, bagaimana caranya meningkatkan jumlah penjualan selain menyebar merek ke publik, “Yang paling penting adalah memastikan hal itu relevan dan segar. Dan ini adalah kesempatan sekali dalam seumur hidup untuk meluncurkan merek dengan nilai nostalgia yang luar biasa.”

Inti dari menghidupkan merek yang mati adalah memanfaatkan kenangan nostalgia yang melekat. Tapi bagaimana bila merek yang ingin dibangkitkan tidak pernah atau belum sempat terkenal?

Tara Naughton, senior VP of consumer marketing MWW merekomendasikan tiga tips yang bisa Anda terapkan.

–          Berkolaborasi dengan seluruh bagian pemasaran

–          Mengembangkan strategi untuk personalisasi merek di kalangan khalayak

–          Storytelling kreatif untuk setiap platform media

Lisa Rosenberg, Chief Creative Officer Allison + Partners juga menambahkan bahwa tantangan bagi para eksekutif PR dalam menghidupkan merek yang mati adalah membangun dan memanfaatkan momentum yang diberikan oleh konsumen.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top