Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Memahami Seluk Beluk Pemasaran Konten ( Content Marketing )

Marketing.co.id– Pemasaran konten adalah penggunaan informasi relevan dan berharga untuk menarik pelanggan potensial.

Tidak hanya menarik, informasi ini jika dikerjakan dengan benar akan mampu merangkul target audiens dan menghasilkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Konten dapat digunakan sebagai cara kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan tanpa menjual. Misalnya, sebuah artikel yang bagus dapat memasarkan produk atau jasa dengan cara tidak mengganggu konsumen.

Anda bisa menggunakan artikel untuk mendidik dan menciptakan kesadaran konsumen dengan informasi penting bagi konsumen. Hal ini akan membuat calon pembeli Anda lebih cerdas.

Strategi pemasaran konten haruslah memberikan informasi berharga dan konsisten untuk pasar yang ditargetkan. Ketika  strategi ini bekerja, Anda dapat mengubah konsumen yang telah ditargetkan tersebut menjadi pembeli.

Sebagai sebuah bisnis, Anda harus cerdas dalam upaya pemasaran ini termasuk menulis konten yang tidak hanya menarik tetapi relevan dan berharga untuk pasar yang Anda targetkan.

Pertanyaan-pertanyaan berikut dapat digunakan sebagai pedoman ketika Anda membuat konten baru.

  • Apakah Anda menargetkan pasar tertentu? Jika tidak, akan terlalu luas untuk menarik audiens yang ditargetkan.
  • Apakah konten yang Anda buat informatif, relevan, dan berharga bagi mereka yang ditargetkan, atau hanya promosi dagang?
  • Apakah konten tersebut mendidik target audiens mengenai industri Anda, tanpa terlalu berorientasi penjualan dan hanya mendorong produk dan jasa Anda.
  • Apakah pesan yang Anda sampaikan –termasuk pesan halus – untuk meraih perhatian pembaca mampu membuat mereka tertarik pada apa yang Anda tawarkan? Kuncinya adalah pesan pemasaran harus menarik minat dan keinginan atas apa yang Anda tawarkan tanpa berusaha untuk melakukan penjualan.
  • Apakah konten tersebut membuat keinginan pembaca meningkat?
  • Apakah itu menimbulkan emosional pembaca dan mengilhami tindakan?

Jika jawabannya “ya”, maka Anda sudah melakukannya dengan benar. Dan konten dapat digunakan untuk memasarkan produk atau jasa yang akan ditawarkan. Namun, jika Anda tidak dapat menjawab “ya” dari semua pertanyaan tersebut, Anda akan ingin men-tweak konten Anda sampai bisa.

Pemasaran konten dapat digunakan dalam semua bidang pemasaran termasuk: media cetak, dan online. Pemasaran konten yang berharga seringkali meninggalkan kesan lebih lama dibandingkan metode lain dalam pemasaran. (about.com)

//

2 Comments

2 Comments

  1. Jasa Online

    October 29, 2014 at 10:27

    sangat menarik sekali, peran pemasaran konten memang sudah harus ditanamkan sejak pertama kali menggeluti dunia bisnis online

  2. Trends gadget

    November 11, 2017 at 11:31

    bisa produksi ga bisa memasarkan ya ga bakalan jalan usahanya he….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top