
Marketing.co.id – Berita Event | Lanskap bisnis ritel di Indonesia saat era new normal telah banyak mengalami perubahan. Tingginya penetrasi internet, preferensi konsumen untuk saluran digital, dan peningkatan penggunaan opsi pembayaran digital membuat brand menata ulang produk dan layanan mereka agar pelanggan tidak pindah ke lain hati.

Diskusi tentang hal tersebut menjadi salah satu bagian dari Vibe Martech Fest, sebuah konferensi pemasaran dan teknologi yang berlangsung pada 1-2 Agustus 2023 di Jakarta dan dihadiri oleh 200 pemimpin pemasaran.
David Raab, pakar CDP dan pendiri CDP Institute mengatakan, “Pemilihan sistem martech (marketing technology) yang tepat untuk kesuksesan bisnis merupakan sebuah tantangn yang dihadapi pemasar modern. Pemanfaatan teknologi untuk memenuhi keinginan pelanggan era baru dalam sekala besar menjadi bagian martech untuk mendukung tujuan strategis yang lebih besar dan menavigasi lanskap pemasaran yang terus berkembang.”
Lebih dari 25 pemimpin industri tampil untuk berbicara dan berdiskusi tentang tantangan kritis yang dihadapi pemasar modern dan cara memanfaatkan teknologi. Seperti Debashish Roy, Chief Operating Officer dari Vision+, Dr Sri Safitri, Vice President, Digital Education Ecosystem dari Telkom Indonesia, dan Vebbyna Kaunang, Chief Marketing Officer PT Kino Indonesia Tbk serta pembicara lainnya.
Edwin Octavana Mahaditya dari Erajaya Digital Group yang turut menjadi narasumber dalam acara ini menjelaskan, “Di Erajaya, kami mulai dengan memahami siapa pelanggan yang paling berharga dengan CLV tertinggi, data apa yang perlu kami kumpulkan untuk menentukan atau memahami segmen pelanggan ini.”
“Perlahan kami merubah fokus pada dasar-dasar pemasaran untuk bisa menerapkan teknologi terbaru bagi pelanggan. Dari poin-poin tersebut akan membantu kami menentukan solusi yang ideal untuk menentukan aktivitas kampanye apa yang harus dilakukan untuk melihat keefektifan pemanfaatan data pihak pertama dan terus mengulanginya.” lanjut Edwin.
Martech sat ini menjadi fase penting bagi pemasar di kawasan Asia Tenggara bahkan dunia. Berbagai solusi dari permasalahan pemasar dapat dicari jawabannya melalu teknologi yang mumpuni. “Pada masa mendatang, tim pemasaran harus mempersiapkan diri untuk menggunakan teknologi dan strategi secara bersamaan untuk memahami pelanggan secara lebih mendalam.” ujar Sanjay Swamy, Direktur Martechvibe.
Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.