Portal Lengkap Dunia Marketing

PROPERTY & RETAIL

Melebar Hingga ke Negeri Seberang

Tak hanya melebarkan sayap di Indonesia, butik Alleira Batik pun siap melenggang ke panggung dunia. Butik ini bisa ditemui di Malaysia dan Singapura.

Tahun 2011 ini, kerja keras dan konsistensi Alleira agar batik menjadi busana modern dan berkualitas terus membuahkan hasil. Salah satunya adalah berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 yang merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Dengan meraih ISO, Alleira akan memperluas jumlah butik hingga melenggang ke panggung dunia.

Menurut Ade Kartika, Vice Director Alleira, sertifikasi ISO 9001:2008 ini akan mengukuhkan brand Alleira sebagai brand batik modern dengan kualitas terjamin—baik dari segi bahan maupun desain dan motif. Alleira memiliki visi dan misi ingin mengangkat batik menjadi bagian dari budaya dunia serta menjadikan batik sebagai fesyen internasional.

Berdiri sejak 6 Oktober 2005 dengan nama Allure Batik, kemudian butik bertransformasi pada tahun 2010 menjadi Alleira Batik. Kata “Alleira” memiliki makna memikat, menarik hati, indah, dan memesona. Oleh karena itu, Alleira dipilih sebagai label produk hingga kini dengan mengusung endorser Annisa Pohan.

Alleira sendiri memiliki tiga kategori dalam perwujudan kreasinya. Konsep pertama bertujuan untuk turut serta dalam jalur pelestarian budaya bertema batik. Oleh karena itu, Alleira mencoba menggali motif-motif lama khas batik. Kedua adalah “B&W” yang merupakan kreasi batik bernuansa grafis dengan tone hitam dan putih. Terakhir, mengusung tema klasik dengan menghadirkan nada warna tradisional.

“Alleira memiliki perbedaan dengan batik lain. Misalnya, motif dan desainnya bergaya kontemporer, warna-warna yang cerah dan bergradasi, serta selalu memerhatikan kepuasan pelanggan. Koleksi Alleira pun dibuat dalam jumlah terbatas,” ujar Ade. Kini, Alleira telah menciptakan 1.000 motif dari 1.000 item yang ada.

Karena respons pencinta batik Alleira begitu positif, Ade mengungkapkan, Alleira pun memberanikan diri untuk membuka butik pertama di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Kemudian, berlanjut dengan dibukanya butik di bilangan Darmawangsa Square The City Walk. Jika diperhatikan, kedua lokasi butik tersebut memang berdekatan. Hanya saja, dia mengungkapkan, segmen yang dibidik berbeda.

Alasan Alleira membuka butik di Kemang, Jakarta Selatan, dikarenakan lokasi tersebut sudah sangat familier dengan kerajinan seni. Jika ingin mencari produk kerajinan seni, orang biasanya datang ke Kemang, semua ada di sana. Sebab itu, Alleira pun ikut merangsek ke wilayah tersebut.

Untuk memperluas market, Ade menambahkan, Alleira pun membuka beberapa outlet. Hal ini dilakukan dengan menggandeng beberapa department store seperti Metro, Seibu, Sogo, dan Sarinah. Tentunya, dalam membuka outlet Alleira tetap membidik segmen A+.

“Istilahnya, tidak ada rebutan konsumen. Kami menilai, setiap lokasi memiliki potensi dan karakter konsumen yang berbeda-beda. Adanya butik Alleira di Darmawangsa bertujuan untuk memudahkan konsumen. Tak lama, kami pun membuka butik di beberapa pusat perbelanjaan seperti di Gandaria City, Plaza Indonesia, Grand Indonesia, Senayan City, dan Pondok Indah Mall 2,” ujar Ade.

Kini, butik Alleira sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Selain Jakarta, butik Alleira dapat dijumpai di Bandung, Makassar, Batam, Surabaya, Bali, dan lainnya. Bahkan, tak hanya membidik konsumen lokal, Alleira pun sudah berekspansi ke luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura.

Ditegaskan Ade, Alleira adalah brand batik modern yang mencoba melestarikan sekaligus mengembangkan nilai batik hingga ke seluruh dunia. Oleh karena itu, seluruh produk Alleira telah melalui proses yang cukup ketat sebelum masuk ke butik dan counter Alleira. Alleira pun memastikan bahwa produk yang sampai ke tangan konsumen adalah produk yang berkualitas.

Jelas sekali terlihat bahwa keberhasilan Alleira dilandasi oleh strategi yang unik dan berbeda dibanding kompetitor. Pastinya, upaya untuk mendekatkan diri dengan konsumen juga menjadi fokus Alleira. Ade memaparkan, dibutuhkan komitmen yang kuat untuk memerhatikan kepuasan konsumen. Salah satunya adalah dengan meraih sertifikat ISO 9001:2008.

“Alleira ingin memberikan kelebihan-kelebihan lagi bagi konsumen. Sertifikat tersebut seakan meneguhkan brand Alleira guna memastikan kualitas dan layanan Alleira. Kami pun tak henti-hentinya melakukan perbaikan untuk mencapai kepuasan pelanggan. Tentunya, diimbangi dengan mutu, baik bahan maupun desain,” jelas Ade.

Diferensiasi yang paling menonjol adalah adanya butik Alleira Kids—lini produksi dari Alleira yang khusus dirancang bagi anak-anak. “Potensi pasar batik anak sangat menjanjikan. Hanya saja, desain batik khusus anak-anak dibuat dengan warna ceria dan model yang lucu. Akhirnya, Alleira Kids resmi diluncurkan pada tahun 2008 lalu. Ini pun bertujuan untuk menjadikan Alleira sebagai butik batik yang lengkap, mulai dari kebutuhan busana dewasa hingga anak-anak,” ujar dia.

Guna menjaga hubungan baik dengan para konsumen, Alleira juga “menjual” jasa pelayanan kepada konsumen. Maka, tak heran jika Alleira pun melayani home service dan delivery order bagi konsumen yang tidak memiliki waktu untuk berkunjung ke butik Alleira. “Jadi, konsumen cukup menelepon dan kami siap melayani,” tegas Ade. (Fisamawati/marketing.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top