Melayani dengan Hati, Permata Bank Syariah Raih ESEA 2023

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Melayani dengan Hati, Permata Bank Syariah Raih ESEA 2023

Marketing.co.id – Award Achievers | Selalu berupaya memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik kepada para nasabahnya, Permata Bank Syariah berhasil meraih penghargaan Excellent Service Experience Award (ESEA) 2023 dari Carre Center fo Customer Satisfaction and Loyalty (Carre CCSL) dan Majalah Marketing kategori Sharia Banking. Hebatnya, Permata Bank Syariah berada di urutan pertama ESEIndex dengan skor 90,396 (Exceptional).

Riset Excellent Service Experience Index (ESEI) dihasilkan dari tiga parameter pembentuk pengalaman pelanggan, yaitu Sense Index yang mengacu kepada penyediaan sarana dan fasilitas yang sesuai dan memudahkan pelanggan, Mood Index yang mengacu kepada sisi emosional pelanggan melalui pelayanan yang sederhana, akurat, dan keterlibatan pelanggan, serta Solution Index yang mengacu kepada pemberian solusi atas permasalahan pelanggan. Survei ESEI ini menilai kinerja pelayanan dari 23 kategori dengan total 134 merek yang dievaluasi.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Direktur Utama Majalah Marketing Steven Sentosa kepada Head Sharia Network Permata Bank Andri Yusfiana di bilangan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Kepada Marketingcoid, Andri mengaku senang menerima penghargaan ini. Sebab, bukan hanya perbankan, tapi semua perusahaan yang ada saat ini sedang berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaiknya. Saat ini service merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah perusahaan.

“Kita senang sekali. Ini sebuah kehormatan dan apresiasi terbaik untuk kami dalam hal pelayanan. Alhamdulillah, kita bisa menjadi juara dalam hal service excellence kategori Sharia Banking di tengah persaingan yang cukup ketat,” ujarnya.

Ketika ditanya alasan bisa meraih ESEA 2023, Andri mengatakan Permata Bank Syariah melayani dengan hati. “Kami selalu melihat apa sih yang dinilai oleh tim riset CCSL. Selain itu, kami juga bertanya langsung kepada nasabah apa yang membuat mereka nyaman sehingga senang bertransaksi dengan kami. Pertanyaan dan keinginan nasabah itu kemudian kami jadikan satu panduan untuk melayani mereka,” terangnya.

“Kami bukan hanya ingin pelayanannya saja yang excellence tapi kami juga ingin nasabah memiliki experience yang sangat baik terhadap kami. Jadi, ketika nasabah datang ke cabang, mulai dari parkir, kebersihan kantor hingga proses pelayanan sangat kita perhatikan. Dan, apa yang menjadi tujuan nasabah bisa selesai dengan cepat dan nyaman,” lanjutnya.

Andri sangat menyadari betul untuk mempertahankan penghargaan ini tidak mudah karena persaigannya sangat ketat. Hal tersebut bisa dilihat dari ESEIndex yang angkanya tidak beda jauh. Permata Bank Syariah yang menempati urutan pertama (90,396), ditempel ketat oleh BCA Syariah (89,934), BSI (89,475), BJB Syariah (87,767), Bank Mega Syariah (87,491), dan Bank Muamalat (86,685).

Oleh karena itu, untuk mempertahankan penghargaan ini Andri mengatakan akan terus melakukan monitor. “Yang paling penting itu monitoring. Kami ingin pelayanan prima seperti ini bisa menjadi kebiasaan dari seluruh karyawan. Dari kebiasaan itu nantinya menjadi budaya. Ketika aturan sudah menjadi kebiasaan mereka akan rileks dalam menjalaninya,” katanya.

Seperti diketahui, dari laporan publikasi keuangan, Permata Bank berhasil melampaui target tahun lalu. Menurut Andri, tahun ini pun di 3 bulan pertama sudah ontrack. Dalam hal pelayanan, setiap cabang memiliki kiat-kiatnya sendiri untuk memberikan pelayanan prima kepada nasabah.

Yang pasti, pelayanan dimulai dari menjalankan sesuai SOP kemudian menjadi kebiasaan dan nantinya menjadi budaya. Ketika ada orang baru bergabung dengan perusahaan mereka secara otomatis akan berprilaku sesuai SOP karena sudah membudaya. “Untuk menjadi yang terbaik kuncinya adalah melayani dengan hati. Itu yang harus dilakukan secara konsisten oleh teman-teman di Bank Permata Syariah,” pungkasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here