Melatih Otak dengan Permainan Asyik

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

melatih otakwww.marketing.co.id – Otak adalah bagian yang sangat penting dalam tubuh kita. Organ yang berisi kurang lebih seratus juta sel saraf ini bertugas untuk mengoordinasi bagian-bagian tubuh kita, sehingga kita bisa bergerak dan berpikir.

Pada dasarnya otak seperti otot, akan menjadi lemah jika tidak dilatih, dan akan menjadi kuat jika dilatih. Melatih otak bertujuan untuk mengoptimalkan kinerjanya, sehingga kita bisa berpikir lebih cepat dan mengingat lebih mudah.

Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari melatih otak. Selain membuat kita lebih cerdas, melatih otak bisa mempertajam logika dan mencegah kepikunan di usia lanjut.

Cara melatih otak tidaklah sulit, bahkan menyenangkan. Berikut dua dari banyak permainan yang bisa melatih kemampuan otak kita.

Catur                                                                                            

Catur merupakan permainan strategi satu lawan satu yang sudah ada sejak zaman kuno. Permainan catur berlatar sebuah perang antar dua kerajaan, sehingga pemenang permainan ditentukan oleh pemain yang terlebih dahulu membunuh raja lawannya.

Peneliti di Jerman menemukan bahwa bermain catur dapat melatih otak kanan dan otak kiri. Dengan demikian, bermain catur dapat meningkatkan kemampuan memecahkan sebuah masalah, kreativitas, juga mengajarkan kita cara membuat perencanaan yang baik.

Sudoku

Sudoku adalah permainan teka-teki logika. Kita diharuskan mengisi angka 1 sampai 9 ke dalam petak-petak 9×9 yang terbagi menjadi 9 kotak 3×3. Dalam pengisiannya tidak boleh ada angka yang sama dalam satu baris, kolom, maupun kotak.

Tingkat kesulitan sudoku berdasarkan jumlah petunjuk angka yang tersedia. Semakin sedikit petunjuk angkanya, semakin tinggi tingkat kesulitannya. Membutuhkan logika dan analisa yang baik agar bisa menyelesaikan teka-teki ini. Semakin cepat dan tepat kita menyelesaikan sudoku, berarti semakin baik logika dan kemampuan analisis kita.

Dua permainan di atas merupakan permainan yang paling sederhana, kuno, dan sangat melatih kemampuan otak kita. Masih banyak permainan lain yang juga bisa melatih kemampuan otak.

Sekarang, tidak susah untuk mencari permainan-permainan yang bisa melatih otak kita. Kita dapat mengunduh dan memainkannya di gadget yang selalu bersama kita, sehingga kita dapat bermain  kapanpun dan di manapun.

 

(dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here