Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Platform perjalanan digital Agoda mengungkapkan hasil survei terbaru mengenai kebiasaan traveling generasi Z di Indonesia, memberikan wawasan mendalam tentang preferensi wisatawan muda yang sangat terhubung dengan teknologi. Berdasarkan temuan survei, hampir setengah (46%) wisatawan Gen Z Indonesia mencari inspirasi perjalanan melalui media sosial. Instagram menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk tujuan ini, dengan 23%, diikuti oleh TikTok sebesar 21%. Sementara rekomendasi dari keluarga dan teman berada di urutan ketiga, yakni 17%.
Survei tersebut juga menunjukkan, bahwa lebih dari separuh (46%) responden Gen Z berencana untuk melakukan 1-3 perjalanan tahun ini. Keinginan untuk menjelajahi tempat baru tampak begitu kuat di kalangan generasi ini. Tidak hanya wisatawan muda yang tertarik untuk bepergian, tetapi minat yang sama juga terlihat di kelompok usia lainnya. Di kalangan usia 28-43 tahun, 42% responden memilih durasi perjalanan yang serupa, sementara 38% dari kelompok usia 44-59 tahun dan 40% dari kelompok usia 60 tahun ke atas juga menunjukkan preferensi perjalanan yang hampir sama.
Menariknya, survei ini juga mengungkapkan bahwa 39% wisatawan Gen Z lebih suka bepergian dengan pasangan. Sekitar satu dari lima responden (19%) memilih untuk menjelajahi dunia secara solo, sementara 17% lainnya lebih memilih perjalanan bersama keluarga. Dalam hal destinasi, kota menjadi pilihan utama bagi 26% responden, disusul oleh pantai dan pulau (22%), serta situs budaya dan sejarah (11%). Hal ini menunjukkan bahwa Gen Z memiliki pendekatan dinamis dalam memilih destinasi liburan mereka.
Gede Gunawan, Senior Country Director Indonesia di Agoda, mengungkapkan, “Wisatawan Gen Z di Indonesia semakin memanfaatkan era digital, dengan platform media sosial yang memainkan peran penting dalam membentuk keputusan perjalanan mereka. Terlepas dari sumber inspirasinya, Agoda siap memberikan penawaran terbaik untuk destinasi yang mereka inginkan.”
Agoda menawarkan lebih dari 5 juta properti di seluruh dunia, termasuk penerbangan dan berbagai aktivitas, yang memungkinkan wisatawan Gen Z untuk mengeksplorasi kota-kota dinamis, pantai yang tenang, atau situs budaya yang kaya dengan harga yang terjangkau. Untuk merencanakan petualangan mereka, wisatawan dapat mengunjungi agoda.com atau mengunduh aplikasi Agoda.