Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Media Sosial Mana yang Paling Efektif untuk Mobile Marketing?

Media Sosial Mana yang Paling Efektif untuk Mobile MarketingDari sekian banyak media sosial yang ada – Facebook, Twitter, Instagram, dan Twitter – manakah yang lebih efektif untuk pemasaran?

Banyak pemasar muda yang mengajukan pertanyaan yang sama, yakni media sosial apa yang paling pas untuk mobile marketing, melihat pemanfaatan gadget makin marak dalam aktivitas sehari-hari.

Perlu diingat bahwa karakteristik setiap media sosial itu berbeda-beda. Oleh karena itu strategi penggunaannya pun harus disesuaikan.

Jadi ada baiknya Anda memahami karakteristik dari masing-masing media, agar bisa menggunakan secara optimal.

  1. Twitter

Media sosial berlogo burung biru ini sangat baik untuk keterlibatan real time dengan konsumen. Lewat Twitter, Anda bisa berbagi konten dengan maksimal 140 karakter. Jadi konten Anda haruslah sangat kuat dan tidak bertele-tele. Untuk mobile, Twitter sangat kuat karena kesederhanaannya, jadi sangat ideal untuk menarik keterlibatan pengikut di mana saja.

Kekurangannya, laju timeline di Twitter cukup cepat. Jadi kalau Anda tidak bisa membaca waktu kapan kira-kira follower Anda membuka timeline, konten Anda mungkin tidak terlihat karena sudah tertelan tautan yang lainnya.

  1. Facebook

Facebook menawarkan konten paling beragam. Tidak ada batasan karakter, dan Anda juga bisa menampilkan gambar atau video secara langsung. Menurut laman TechCrunch, 78% dari pengguna Facebook login via mobile tiap harinya.

Kekurangannya, popularitas Facebook kian menurun. Meski masih banyak yang menggunakannya, namun jika dibandingkan Twitter, Facebook kurang populer.

  1. Pinterest

Pertumbuhan Pinterest cukup cepat dengan dominasi pengguna perempuan (sekitar 70%). Manfaat terbesarnya, Pinterest sangat visual dan tersegmen. Jika bisnis Anda adalah ritel dan target market-nya perempuan, maka media ini akan sangat cocok.

Hanya saja, kepopuleran Pinterest di Indonesia masih kalah dibandingkan dengan ketiga pesaingnya.

  1. Instagram

Meski dalam banyak hal Instagram tergolong anak baru di lingkungannya, tapi sebuah studi menyatakan bahwa 71% dari merek  dunia telah menggunakan media ini untuk alat pemasarannya. Sama halnya dengan Pinterest, Instagram juga memiliki kekuatan di bidang visual.

Setelah memahami masing-masing media dan karakternya, sekarang tinggal Anda yang menentukan, media mana yang paling tepat untuk produk dan target audiens Anda. Perlu diperhatikan, konten, perangkat, dan konsumen tidak selalu cocok satu sama lain.

Jadi ketika ditanya media mana yang cocok untuk mobile marketing? Semuanya tergantung produk, konten, serta target market Anda.

 

Sumber: Entrepreneur | Foto: Social Media Beez

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top