Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Transformasi Digital untuk Memperkuat Reputasi Bisnis di Era 4.0

Marketing – Mbiz.co.id menyelenggarakan Mbiz Meet Hub: Journey to Industry 4.0 through Digital Transformation. Gelaran yang terdiri dari seminar, lokakarya, dan diskusi ini menghadirkan profesional, pakar Good Corporate Governance, pegiat anti-korupsi, ahli di bidang penanaman modal dan reputasi usaha, serta pakar pengadaan barang dan jasa elektronik (e-procurement).

 

Mbiz Meet Hub 2019 membahas kesiapan dunia usaha Indonesia dalam menghadapi era industri 4.0 termasuk penggelaran tranformasi digital di semua lini tata kelola perusahaan, untuk makin memperkuat reputasi, pertumbuhan, dan keberlanjutan bisnis yang makin penuh tantangan. Seperti telah banyak dipublikasikan, era disruptif telah mendorong munculnya kebutuhan serta peluang baru yang makin kompleks dan menuntut kompetensi pengelolaan yang makin meningkat pula.

Rizal Paramarta, CEO Mbiz.co.id mengatakan, transformasi digital, termasuk pada pengadaan barang dan jasa, menawarkan keunggulan serta nilai-nilai yang mampu menjawab beragam tantangan dan kompleksitas yang berpotensi menciptakan inefisiensi dan penurunan produktivitas bisnis.

Teknologi terkini yang mampu menciptakan otomatisasi, alur kerja dan penganalisaan data yang makin cepat dan akurat, serta transparansi pada proses-proses yang dilakukan, menjadikan penggelaran transformasi digital khususnya dalam pengadaan barang dan jasa sebagai solusi efektif untuk akselerasi bisnis.

Pada pengadaan barang dan jasa, lanjut Rizal, penerapan proses konvensional sering kali memunculkan permasalahan dan kendala klasik yang berpotensi berimbas pada efisiensi dan produktivitas. Dari analisa Mbiz.co.id, pengadaan barang dan jasa yang dilakukan secara konvensional memiliki tingkat transparansi rendah, rawan terhadap potensi ketidakpatuhan dan penyimpangan, membutuhkan waktu yang relatif lama dalam pelaksanaan beragam proses yang harus dilakukan – dari proses manual internal, proses kelengkapan dokumen, pemilihan vendor, pembandingan dan penilaian, proses approval, hingga proses pengauditan, serta memiliki problematika pada tingkat akuntabilitas.

“Persoalan-persoalan klasik inilah yang mendorong kami menciptakan sebuah platform yang dapat dijadikan solusi efektif oleh seluruh perusahaan. Melalui penggunaan platform kami yang dapat dimanfaatkan tanpa dipungut biaya, organisasi bisnis dapat memperoleh solusi e-procurement yang lengkap dan menyeluruh,” papar Rizal.

Ragam manfaat yang ditawarkan Mbiz.co.id antara lain proses transparansi yang menjamin semua data dapat dilacak dan diaudit, tersedianya fasilitas untuk membantu dalam penilaian dan analisa pembelanjaan, proses pengadaan yang lebih sederhana dan tidak kompleks, pengelolaan vendor melalui satu pintu (One-gateway Vendor Management), tersedianya akses ke pakar-pakar terkait, efisiensi dan optimalisasi SDM, hingga yang paling penting adalah total compliance.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top