Mau Launching Produk? Perhatikan Dulu 3 Faktor Ini

launching produk

Tidak perduli apakah ini merupakan launching produk pertama perusahaan Anda, atau koleksi terbaru dari merek Anda. Yang jelas, Anda akan sangat menyesal bila mengabaikan ketiga faktor di bawah ini.

Bagaimana tidak, Anda pasti tidak ingin produk yang Anda buat dengan susah payah menghilang begitu saja karena tidak laku bukan? Maka dari itu, penting untuk memikirkan hal yang bisa membuat produk dan merek Anda lebih digemari.

1.       Pikirkan keinginan pelanggan

Ini mungkin terlihat sederhana, namun begitu, masih saja ada pebisnis yang tidak bisa melihat keinginan pelanggan. Caranya, Anda bisa melakukan penelitian yang cukup untuk memastikan, bahwa ada tempat bagi produk Anda. Tidak perlu serakah untuk bisa menjangkau seluruh khalayak, yang pasti, temukan market Anda sendiri. Mungkin produk Anda sangat inovatif dan revolusioner, tapi bila khalayak belum siap, lebih baik pikirkan lagi.

Cara terbaik adalah, menciptakan solusi yang layak untuk masalah umum. Misalnya Anda bisa meluncurkan kacamata fungsional, dengan kaca min untuk penderita rabun jauh, namun dengan kaca yang lebih gelap untuk menghalangi sinar UV.

2.       Menjadi pusat perhatian

Ada ratusan bahkan ribuan produk baru yang meluncur tiap tahunnya. Jadi Anda perlu memastikan, bahwa produk Anda bisa lebih unggul dibandingkan dengan produk-produk lainnya.

Caranya bisa dengan bermacam cara. Misalnya memenuhi apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, melakukan diskusi untuk mencari tahu apa yang kira-kira bisa menarik perhatian khalayak. Atau mungkin, Anda juga bisa berkolaborasi dengan merek lain untuk mendapatkan perhatian khalayak merek lain.

Mudahnya, Anda yang merupakan produsen alat-alat dapur, bisa bekerja sama dengan merek kulkas untuk melakukan kampanye marketing.

3.       Transparan

Mungkin harga produk Anda lebih mahal ketimbang kompetitor, atau bahkan lebih murah dan kerap diremehkan. Untuk itu, terbukalah dengan para pelanggan Anda. Gunanya agar mereka mengerti, bahwa produk Anda berbeda dengan milik pesaing.

Misal, Anda memberikan harga yang lebih mahal karena produk Anda lebih berkualitas dari yang lain. Atau sebaliknya, lebih murah karena Anda bisa menekan berbagai pengeluaran yang tidak perlu. Semua itu penting diketahui pelanggan,agar mereka benar-benar mengerti, kenapa mereka harus membeli produk Anda.

Launching produk itu mudah, Anda bisa melakukannya kapan saja. Yang sulit adalah memikirkan beberapa hal agar produk yang akan dirilis tidak mendapat senyuman sinis.

 

Sumber: Mashable | Foto: Business 2 Community

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.