Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Mau Investasi Deposito, Emas atau Properti ?

Gold-InvestingAnda sudah matang mau menjadi seorang investor pemula. Sumber modalnya untuk berinvestasi juga sudah tersedia. Tinggal memilih produk investasi apa yang hendak dituju. Pada dasarnya semua investasi memiliki kekurangan dan kelebihan. Semua instrumen investasi juga punya risiko kecil dan besar. Tinggal sesuaikan saja investasi yang hendak dipilih dengan kemampuan investasi Anda. Jangan terpengaruh orang lain saat hendak menentukan investasi, karena hanya Anda yang tahu apa tujuan utama melakukan investasi. Nah, bagi Anda yang mau berinvestasi di bidang deposito, emas dan properti simak dulu artikel berikut. Kami akan mengulas plus minus ketiga instrumen investasi tersebut.

Deposito

Kelebihan :

  1. Tingkat risiko kehilangan uang sangat minim, sebab pihak bank yang sepenuhnya bertanggung jawab terhadap kondisi keuangan dan rekening deposito Anda.
  2. Punya tingkat keamanan yang tinggi dan terhindar dari pencurian uang karena Anda tidak memegang uang deposito dalam bentuk fisik.
  3. Memiliki suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Suku bunga selalu stabil selama periode deposito.

Kelemahan :

  1. Investasi pasif di mana suku bunga yang Anda terima tidak bisa diolah untuk menghasilkan keuntungan lain.
  2. Anda akan dikenakan penalti jika mengambil uang di deposito sebelum jatuh tempo.
  3. Tidak bisa ditarik kapan saja, sehingga masuk dalam kategori aset non cair.

Emas

Kelebihan :

  1. Merupakan aset cair yang mudah ditukar dengan uang tunai kapan saja
  2. Bebas dari inflasi karena harga emas yang cenderung stabil bahkan meningkat setiap tahun.
  3. Tidak perlu modal besar untuk berinvestasi emas. Beli emas pertama Anda sesuai dengan kemampuan ekonomi. Bisa mulai dari 3 gram atau 5 gram dengan harga Rp 469000/gram.

Kekurangan :

  1. Emas tersedia dalam bentuk fisik sehingga lebih mudah untuk dicuri. Solusinya, Anda harus memiliki brankas atau tempat penyimpanan yang aman.
  2. Bila ingin menyimpan di bank dengan memakai fasilitas safe deposit box dikenakan biaya sewa yang tinggi.
  3. Bermunculannya kadar emas palsu menimbulkan kecurigaan Anda untuk membeli emas. Dan tak jarang ada biaya tambahan lagi yang keluar untuk menggunakan jasa ahli verifikasi yang dapat memastikan emas itu asli apa palsu.

Properti

Kelebihan :

  1. Harga jual properti yang selalu naik akan menguntungkan saat hendak menyewakan properti yang Anda miliki. Otomatis biaya sewa juga akan meningkat.
  2. Bisa digunakan untuk simpanan hari tua karena properti merupakan investasi jangka panjang.
  3. Biaya pemeliharaan properti tergolong rendah

Kekurangan :

  1. Diperlukan banyak waktu untuk menjual properti karena harus menemukan calon penyewa yang benar-benar serius.
  2. Ada masa di mana properti Anda kosong penyewa, sehingga Anda harus mengeluarkan kocek pribadi untuk membayar cicilan.
  3. Sering terjadi penipuan oleh si penyewa yang tiba-tiba kabur tanpa membayar uang sewa atau merusak properti Anda tanpa menggantinya.

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top