Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Mau Berhasil? Kuasai Public Speaking

Marketing.co.id – Kemampuan dalam menguasai public speaking ternyata alat yang ampuh untuk beberapa keperluan, seperti motivasi, mempengaruhi, atau menginformasikan,  sesuatu kepada orang lain.

Berbicara di depan umum bagi sebagian orang bisa dianggap keterampilan  berharga. Keterampilan ini dapat digunakan hampir di semua bidang, seperti bisnis, politik, sosial dan yang lainnya.

Untuk menguasai keterampilan ini Anda harus punya pengetahuan yang luas sehingga lancar berkomunikasi dengan hadirin. Selain itu, komunikasi yang baik dan terarah pun akan membantu berbicara di depan umum.

Berikut ada beberapa pedoman dalam public speaking:

Mengetahui tempat ruangan

Coba akrab dengan tempat di mana kita berbicara. Jika perlu datang lebih awaluntuk menguasai ruangan yang akan digunakan untuk berbicara di depan public.

Menguasai materi yang akan dibicarakan

Jika kita tidak menguasai materi  yang akan di presentasikan, kemungkinan besar komunikasi berjalan tidak terarah dan tidak nyaman untuk didengarkan.

Harus rileks

Jika kita berbicara di depan public dengan  rasa tegang, bisa dipastikan hasilnya menjadi tidak optimal. Coba usahakan rileks  agar cara bicara teratur.

Sadarilah bahwa orang ingin Anda berhasil

Yakinkan mereka tidak ingin Anda gagal. Audiens ingin kita menarik, informatif, menghibur, dan harus percaya mereka mendukung Anda.

Jangan minta maaf

Ketika gugup dan melakukan beberapa kesalahan, jangan terlalu sering meminta maaf. Hal ini justru akan menarik perhatian audiens. Ubahlah kegugupan menjadi energi positif. Caranya dengan memanfaatkan energi saraf kita dan mengubahnya menjadi vitalitas dan antusiame.

Perlu kita pahami bahwa public speaking bukanlah keahlian yang mudah. Diperlukan latihan yang cukup dan jam terbang yang tinggi untuk menguasainya. Sering-seringlah bicara di depan umum, misalnya dengan ikut berbagai lomba public speaking.

Jika Anda mahasiswa yang berniat mengasah kemampuan public speaking, maka tidak ada salahnya mengikuti ajang Speaker Talent 2013 untuk mempertajam kemampuan Anda di bidang public speaking.  Selamat  mencoba. (Hernawan)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top