Portal Lengkap Dunia Marketing

PROPERTY & RETAIL

Bertahan di Pasar yang terus Berubah

Jeffri Massie, President Director Massindo International

Marketing.co.id – Berita Property & Ritail | Tahun 2020 merupakan akhir dekade di mana kompetisi pasar dalam industri apapun semakin ketat. Begitu pula untuk industri bedding. Setidaknya kondisi ini dirasakan betul oleh Massindo Group, produsen springbed sejak tahun 1983. Perusahaan ini memproduksi springbed berbagai merek, yaitu Comforta, Spring Air dan Therapedic.

Baca Juga: Lelah Terus Bersaing, Kenapa Tak Menciptakan Pasar Sendiri?

Menurut Presiden direktur Massindo Group Jeffri Massie, merek-merek yang diproduksi Massindo Group berkompetisi sangat ketat di pasar springbed lantaran segmen yang mampu membeli produk ini sangat kecil presentasinya.

Ditambah lagi, generasi pasar yang makin didominasi oleh generasi milenial yang notabene tidak gemar membeli properti dan barang tahan lama (durable goods). Oleh karena itu, Massindo Group perlu mengubah cara pemasaran untuk mempertahankan produknya tetap dapat bersaing di tengah-tengah pasar yang terus berubah.

Baca Juga:  Strategi Marketing di Tengah Ekonomi Sulit

Jeffri mengatakan bahwa generasi baby boomer semakin berkurang digantikan oleh generasi milenial dan generasi X yang berjumlah paling besar dan umumnya sudah mencapai taraf hidup yang lebih mapan.  Jeffri menyadari pentingnya mengomunikasikan produk-produknya menggunakan instrumen komunikasi yang digunakan oleh generasi-generasi ini.

“Generasi milenial bertumbuh paling pesat dan jumlahnya di dalam angkatan kerja semakin dominan. Karena itu kami menyesuaikan brand communication kami semakin ke digital channels,” jelas Jeffri.

Baca Juga: Pilih Mana, Bersaing atau Kolaborasi?

Massindo Group memiliki lebih dari 2000 karyawan di seluruh Indonesia. Sebagian besar dari mereka setiap harinya menggunakan media sosial dan memiliki banyak grup di aplikasi pesan instan. Semakin aktif karyawan melakukan share akan isi dari media sosial setiap merek dalam perusahaan, semakin banyak word of mouth yang sampai ke calon-calon konsumen.

Selain mulai memanfaatkan instrumen komunikasi digital, Massindo Group juga hadir semakin luas di masyarakat melalui aktivitas pameran hingga ke tingkat kecamatan untuk menawarkan promo-promo menarik dan keuntungan lainnya bagi konsumen.

Massindo Group menawarkan pilihan pembayaran yang semakin mudah melalui cicilan 0% hingga 24 bulan menggunakan kartu kredit dan menggunakan fasilitas mitra-mitra leasing dengan approval time dalam satu menit.  Dalam program Massindo Fair yang diselenggarakan di dealer pilihan dan jaringan toko Sleep Center, konsumen dapat membawa pulang produk pilihan mereka tanpa uang muka, tanpa bunga, tanpa biaya administrasi leasing dan cicilan ringan dua belas kali mulai bulan depannya.

Baca Juga: 5 Strategi Agar Bisa Bertahan dari Resesi Ekonomi

“Tujuan kami agar seluruh lapisan masyarakat punya kemampuan menikmati kualitas hidup melalui kualitas tidur yang lebih baik tanpa terganjal dana investasi spring bed berkualitas yang biasanya harus dibayar di depan secara penuh,” ungkap Jeffri.

Di atas itu semua, kualitas adalah elemen yang tak kalah penting agar produk tetap diminati dan merek tetap berada dalam top of mind konsumen.

“Dalam kategori barang tahan lama (durable goods), kualitas springbed yang betul-betul tahan lama sangatlah penting untuk kepuasan pelanggan dan akhirnya menciptakan repeat customers,” jelasnya.

Springbed buatan Massindo Group menggunakan diameter kawat baja yang lebih tebal dan jumlah pegas yang lebih banyak dibandingkan dengan produk kompetitor. Kecocokan kekerasan atau keempukan kasur  dengan profil tubuh pelanggan juga akan menentukan kepuasan pelanggan.

Karena itu, Massindo Group melatih tenaga-tenaga pemasaran dengan sangat baik untuk membantu konsumen memilih produk springbed yang paling tepat dengan dirinya. “Kami percaya konsumen yang puas, akan menjadi konsumen yang setia,” kata Jeffri.

Dengan melakukan upaya-upaya tersebut, setidaknya Comforta Spring Bed semakin dikenal masyarakat hingga ke pelosok Nusantara. Hasil survei Top Brand setiap tahun sejak tahun 2015 menunjukkan bahwa Comforta Spring Bed unggul dalam Top Of Mind, Current Share dan Future Share.

Nilai penjualan Comforta Spring Bed, Spring Air dan Therapedic pun terus bertumbuh di tengah pelemahan ekonomi dunia, berubahnya generasi konsumen Indonesia dan di tengah persaingan yang ketat.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top