Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

Marketing vs Sales: Apa Bedanya?

Tanpa pemasaran kita tidak akan memiliki calon pelanggan atau petunjuk untuk ditindaklanjuti, tetapi tanpa teknik penjualan serta strategi yang baik, itu bisa menurunkan nilai akhir.

Pemasaran adalah segala sesuatu yang kita lakukan untuk meraih dan memengaruhi calon pelanggan. Sedangkan, proses penjualan adalah segala  sesuatu yang kita lakukan untuk menutup penjualan. Keduanya sama-sama dibutuhkan untuk keberhasilan bisnis. Anda tidak dapat melakukannya tanpa proses itu.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh  marketing untuk meraih dan mempengaruhi calon pelanggan  bahwa perusahaan Anda merupakan pilihan yang tepat untuk mereka. Misalnya melalui periklanan, humas, pemasaran merek, viral marketing, dan direct mail.

Sedangkan proses penjualan merupakan interaksi interpersonal. Hal ini sering dilakukan dengan pertemuan satu lawan satu, melalui telepon, atau jaringan.

Jika proses ini dijalankan dengan efektif, bisnis Anda akan bergerak maju dan tentunya itu akan memudahkan proses penjualan.

Apakah Anda melihat siklus tersebut?

Seperti yang kita lihat diatas. Sangat penting bagi kita untuk menggabungkan kedua proses tersebut. Hal ini memungkinkan kita untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan dan naik ketingkat berikutnya. Ini semua tentang keseimbangan.

Apakah Anda yakin tentang cara untuk mengintegrasikan pemasaran dan penjualan?

Coba ini. Biarkan beberapa saat dan bagi sasaran Anda atau database yang dimiliki ke dalam beberapa kategori misalnya:  dingin, hangat, dan panas. Kemudian cari cara untuk memroses masing-masing kelompok tersebut.

Sebagai contoh Anda bisa menggunakan metode berikut:

  • Kelompok dingin– mengirimkan surat langsung dan/ atau menawarkan promosi khusus
  • Kelompok hangat– telepon untuk follow-up, mengirimkan surat penjualan, atau jadwal seminar khusus atau sesi pelatihan untuk mendapatkan semua.

Setelah semua bisa diatasi, sudah waktunya untuk melanjutkan ke tahap berikutnya yakni proses penjualan. Tentunya ini akan lebih mudah jika kita sudah dekat dengan mereka. Kita bisa melakukannya dengan cara menelepon mereka satu-per-satu, membuat presentasi, atau menyajikan sebuah proposal, estimasi, atau kontrak.

Bagaimana jika Anda merasa tidak nyaman dengan proses penjualan atau pemasaran?

Ada sebuah alternatif  yang sering terbukti sukses, yaitu dengan cara bermitra dengan seseorang atau perusahaan lain yang memiliki bakat-bakat seperti yang Anda inginkan. Ingat kunci keberhasilan dalam pemasaran dan penjualan adalah keseimbangan.

Sumber:  About.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top