Marketing Plan: Mengubah Bisnis dari “Biasa-Biasa Saja” Menjadi Besar

0
Menerapkan 5marketing plan Prinsip Marketing Modern
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Menerapkan 5marketing plan  Prinsip Marketing ModernMarketing.co.id – Berita UMKM | Membuat marketing plan atau rencana pemasaran merupakan langkah pertama yang sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pemasaran bisnis. Karena, marketing plan digunakan sebagai panduan strategis yang akan membantu bisnis mempromosikan brand, produk, atau layanan dengan efektif.

Marketing plan mencakup strategi pemasaran perusahaan yang meliputi pembuatan website, riset pasar, penetapan tujuan, dan inisiatif taktis. Rencana ini membantu menyelaraskan upaya pemasaran dengan tujuan bisnis dan memahami kebutuhan dan preferensi target pelanggan. Rencana pemasaran yang terstruktur dengan baik akan memberikan hasil yang nyata. Artikel ini akan membahas hal-hal penting dalam membuat marketing plan yang sukses, termasuk langkah-langkah dan kiat-kiat untuk membantu bisnis dari segala ukuran terhubung dengan pelanggan mereka dan mencapai tujuan pemasaran secara efektif.

Berikut hal penting yang harus Anda perhatikan ketika membuat marketing plan:

Research

Dalam research atau penelitian, penting untuk memahami berbagai perspektif terkait perusahaan atau bisnis Anda. Bicaralah dengan karyawan, pelanggan, investor, dan komunitas untuk mendapatkan pendapat atau opini mereka yang jujur tentang perusahaan atau bisnis Anda. Umpan balik (feedback) ini dapat Anda gunakan untuk analisis SWOT dalam rencana pemasaran.

Analisis kompetitif

Sebagai perbandingan, lakukanlah analisis kompetitif dengan bertanya kepada mereka yang dianggap oleh orang-orang sebagai pesaing Anda. Kemudian, gali lebih dalam melalui penelitian sekunder dengan memeriksa website pesaing, mengikuti liputan berita mereka, dan menggunakan alat seperti Semrush untuk mengevaluasi kinerja online mereka. Hal ini meliputi peringkat kata kunci, pengunjung bulanan, dan skor otoritas.

Dengan melakukan ini, Anda dapat mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dengan pesaing dan mengevaluasi daya saing Anda. Dalam rangka membuat rencana pemasaran yang efektif, research yang komprehensif dan pemahaman tentang persaingan sangat penting.

Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan langkah awal dalam merencanakan strategi pemasaran. Anda harus mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal perusahaan, serta peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal. Analisis SWOT adalah metode untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (strengths, weaknesses, opportunities, and threats) suatu Perusahaan atau proyek. Analisis ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti mengetahui posisi kompetitif perusahaan, mengembangkan perencanaan strategis, mengidentifikasi peluang untuk peningkatan, meningkatkan tim dan bisnis, tetap berada di depan tren pasar.

Objectives

Objectives adalah tujuan yang ditetapkan dan bersifat terukur. Objectives merupakan langkah spesifik yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan umum atau goal. Dalam bisnis, objectives merupakan bagian penting untuk mencapai kesuksesan. Objectives yang baik harus bersifat SMART, yaitu Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-bound. Objectives juga garus bersifat ambisius sehingga jika hasilnya tidak sesuai dengan espektasi, keluaran yang dihasilkan tetap memuaskan.

Identifikasi target pasar

Dalam rencana pemasaran, Anda juga perlu mengindentifikasi target pasar dengan jelas, termasuk pelanggan saat ini dan potensial, karyawan, calon karyawan, pemimpin komunitas, dan pemerintah daerah jika terkait dengan regulasi. Dalam menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat membuar rencana pemasaran yang tidak hanya menjadi dokumen, tetapi juga menjadi panduan nyata untuk mencapai pertumbuhan bisnis dan keberhasilan di bisnis Anda.

Membuat pesan

Pesan Anda adalah informasi yang ingin Anda sampaikan kepada target pasar Anda agar mereka melakukan Tindakan tertentu, seperti membelu produk atau layanan Perusahaan Anda. ini biasanya mencakup penekanan pada keunggulan unik dari Perusahaan Anda (USP) dan mengapa pelanggan harus memilih Anda disbanding pesaing.

Memilih taktik

Memilih taktik pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan Anda membutuhkan pengetahuan pemasaran yang ahli. Beberapa taktik yang bisa dipertimbangkan, termasuk penghargaan atau pengakuan profesional, blogging, studi kasus dan laporan resmi, materi pemasaran seperti brosur dan flyer, iklan digital seperti PPC, banner ads, website dan affiliate marketing.

Anda juga dapat menggunalan email marketing, event seperti seminar dan peluncuran produk, Inbound marketing, logo dan branding, kontes, publisitas, optimasi mesin pencari (SEO), kemitraan strategis, Telemarketing, pameran, iklan TV atau cetak, webinar, dan word of mouth marketing. Pilihan taktik akan tergantung pada jenis dan tujuan bisnis Anda.

Timeline

Untuk mencapai kesuksesan dalam pemasaran bisnis, penting untuk memiliki rencana yang matang. Rencana ini harus mencakup jadwal per bulan dan per kuartal yang menentukan kapan dan berapa lama setiap taktik akan diterapkan, serta taktik mana yang akan saling tumpeng tindih untuk memasimalkan efektifitas.

Bujet

Di bagian bujet marketing plan, tentukan alokasi keuangan untuk setiap taktik. Dalam bujet marketing, penting untuk menentukan lokasi keuangan untuk setiap taktik yang akan dijalankan. Penting untuk diingat bahwa pemasaran tanpa rencana dapat menghasilkan pemborosan dan tidak efektif. Untuk memaksimalkan investasi pemasaran, penting untuk membuat rencana pemasaran yang matang dan tetap mematuhi rencana tersebut.

Dalam membuat rencana pemasaran, kita harus menyadari bahwa ini bukan hanya tentang mencoba-coba dan melihat apa yang berhasil. Ini adalah tentang membuat peta jalan yang akan membawa kita menuju kesuksesan. Dengan memiliki rencana pemasaran yang dipikirkan dengan matang, kita dapat mengubah bisnis dari “biasa-biasa saja” menjadi bisnis besar. Jadi, mari kita mulai berbisnis dengan tekad yang kuat dan menciptakan keajaiban pemasaran. (Stratinguptips)