Tren dan 5 Strategi Digital Marketing yang Harus Anda Coba di 2025

0
Marketing Technology
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

strategi Digital marketingDengan memahami tren ini, Anda akan lebih siap menyusun strategi digital marketing yang relevan, kreatif, dan berdampak di 2025.

Marketing.co.id – Berita UMKM | Meski tahun 2025 sudah berjalan separuhnya, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba pendekatan-pendekatan baru untuk menyambut peluang yang muncul dari perubahan tren digital. Tahun 2025, pelanggan semakin cerdas, interaksi semakin personal, dan teknologi berkembang pesat.

Berikut 5 tips strategi digital marketing yang wajib Anda pertimbangkan di 2025, seperti kami kutip dari SocialMediaToday:

Manfaatkan video pendek

Video berdurasi pendek terus mendominasi platform seperti TikTok, Instagram Reels, dan YouTube Shorts. Konten jenis ini terbukti efektif meningkatkan keterlibatan dan brand awareness.

Buatlah konten yang informatif, menghibur, atau inspiratif. Gunakan tools AI generatif untuk membantu produksi video. Kemudian, posting ulang video ke berbagai platform tanpa watermark untuk memaksimalkan jangkauan.

Tips: Amati konten populer, gunakan ide itu sebagai inspirasi, dan bereksperimenlah secara rutin.

Masuk ke percakapan lewat DM

Tren media sosial telah bergeser ke percakapan pribadi lewat Direct Message. Ini membuka peluang baru untuk pemasaran yang lebih intim dan relevan. Anda bisa memulai percakapan dengan mengirim penawaran eksklusif lewat pesan pribadi. Gunakan segmentasi yang tepat agar tidak terasa seperti spam. Jaga ritme agar tidak mengganggu.

Tips: Bangun kepercayaan. Jika pelanggan membuka DM, itu sudah jadi sinyal kuat ketertarikan.

Jelajahi platform alternatif

Dengan menurunnya efektivitas iklan di platform X, sekarang saatnya melirik opsi lainnya seperti Facebook, Pinterest, Threads, LinkedIn, Reddit, TikTok, Instagram, atau lainnya. Bereksperimenlah di beberapa platform untuk menemukan tempat audiens Anda aktif.

Optimalkan dengan AI Generatif

AI bukan pengganti kreator, tapi alat bantu yang sangat efisien. Gunakan AI untuk membuat draft konten, menyusun caption, headline, atau ide video, menghasilkan gambar atau audio berbasis prompt. Anda bisa mengikuti kursus gratis di LinkedIn Learning untuk memahami pemanfaatan AI lebih dalam.

Siapkan diri untuk AR dan 3D

Interaksi digital bakal makin imersif. AR, VR, dan metaverse mulai memasuki dunia pemasaran. Pelajari tools pembuat konten AR dan objek 3D. Coba buat versi digital produk Anda. kemudian, gunakan AI untuk mempercepat pembuatan konten 3D. Ini sangat penting karena anak-anak masa kini adalah pelanggan masa depan. Mereka terbiasa dengan dunia imersif seperti Roblox dan Fortnite. Dan, ini akan menjadi norma.

Dunia digital bergerak cepat, dan mereka yang cepat beradaptasi akan memimpin. Apakah Anda memiliki strategi digital marketing lain? Beritahu kami dalam kolom komentar, ya!