Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Benang Merah Antara Komputer dan Gangguan Mental

Marketing.co.id–  Mudah sekali bagi kita untuk menghabiskan waktu di depan komputer bukan? Misalnya untuk bermain game, bekerja, atau chatting.

Tapi kita kudu berhati-hati, soalnya penelitian terbaru yang dilakukan oleh  University of Gothenburg terhadap 4.100 laki-laki dan perempuan Swedia berusia 20-24 tahun selama satu tahun mengungkapkan bahwa orang-orang yang menggunakan komputer terlalu lama berpotensi mengalami stress, depresi dan gangguan tidur.

Ada benang merah antara komputer dan gangguan mental, kata Sara Thomee, ketua tim peneliti.” Kuantitas penggunaan yang tinggi adalah benang merah penggunaan komputer dengan stress, gangguan tidur, dan depresi pada usia muda”.

Menurutnya, “permintaan untuk tersedia tidak hanya berasal dari pekerjaan atau jejaring sosial saja, tapi juga ambisi dari hasrat individu. Ini berakibat pada gangguan ketika sedang sibuk atau beristirahat, perasaan tidak pernah bebas dan kesulitan membagi pekerjaan dan kehidupan pribadi.”

“Sering menggunakan komputer hingga larut malam adalah faktor risiko stress dan gangguan tidur, termasuk penurunan performa, pada kedua jenis kelamin,” tambahnya.

Peneliti menganjurkan orang-orang harus membatasi waktu yang mereka habiskan di depan komputer demi menghindari gangguan mental.

CS|Antara|Republika

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top