Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Manfaatkan Teknologi, Kalibrr Dukung Percepatan Proses Rekrutmen Kandidat

Marketing.co.idBerita Teknologi | Perusahaan teknologi Kalibrr kembali berinovasi dalam membantu perusahaan mempercepat upayanya untuk menemukan kandidat terbaik dengan memanfaatkan teknologi dalam proses rekrutmen.

Kalibrr

Andrew Patty, Brand Activation Manager Kalibrr Indonesia mengatakan, bahwa pandemi benar-benar sudah mengakselerasi adopsi teknologi seperti ATS dan video interview untuk mempercepat proses rekrutmen dan memperluas database kandidat yang mendaftar.

“Kami melihat bahwa pemanfaatan teknologi masih sering terbatas digunakan untuk keperluan penyaringan kandidat saat mereka sudah mendaftar ke sebuah pekerjaan. Teknologi dan aplikasi daring padahal memberikan kebebasan untuk berinteraksi, mengenal, dan melakukan proses rekrutmen secara lebih mendalam dan personal, meskipun tidak dilakukan secara tatap muka,” lanjutnya

Seperti diketahui, metode business as usual dalam mencari kandidat, atau cara konvensional seperti kunjungan kampus, berpartisipasi dalam job fair, atau pengaturan wawancara, akan nampak sangat berbeda saat ini dan di masa depan. Persaingan untuk mendapatkan kandidat juga akan semakin ketat karena perusahaan akan berlomba-lomba untuk menarik dan menemukan kandidat terbaik.

Sementara, penggunaan teknologi sebelum pandemi untuk membantu mengefektifkan proses rekrutmen sebenarnya bukanlah hal baru di ranah HR. Sejak 2019, menurut perusahaan pembinaan karir Jobscan, 99% perusahaan yang masuk ke dalam daftar Fortune 500 telah menggunakan teknologi Applicant Tracking System (ATS), dan dalam riset yang sama juga menemukan 35% bisnis kecil dan menengah juga tengah mengikuti arus adopsi teknologi.

Kalibrr telah menunjukkan bahwa pemakaian teknologi yang sinergis dan tepat dapat menghadirkan proses branding dan rekrutmen berbasis daring sepenuhnya yang interaktif, masif, dan kreatif. Mengantongi kepercayaan dari perusahaan sekaliber Unilever, Telkomsel, dan Bank Central Asia, Kalibrr telah mengadakan berbagai macam kegiatan perekrutan online dalam bentuk hackathon, kompetisi programming, dan studi kasus.

Terobosan terkini yang dihadirkan oleh Kalibrr adalah penyelenggaraan kompetisi coding sekaligus seri webinar bersama Telkomsel. Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbaik negara, Telkomsel juga secara aktif mendorong pemanfaatan teknologi secara positif lintas generasi.

Berangkat dari komitmen yang sama, Telkomsel menggandeng Kalibrr untuk mengumpulkan pegiat teknologi Indonesia dalam sebuah platform yang dapat digunakan Telkomsel untuk menunjukkan komitmennya sebagai tempat karir yang modern, ramah digital, dan terdepan dalam teknologi.

Pendaftaran untuk kegiatan yang diselenggarakan selama tiga bulan berturut-turut ini didukung oleh platform Kalibrr yang memungkinkan proses pencarian, penyaringan, dan pemilihan untuk dilakukan dalam satu pintu.

Namun, di luar penggunaan ATS Kalibrr, kegiatan yang bertajuk Telkomsel Tech Titans League ini dilengkapi dengan berbagai macam penggunaan teknologi dan aplikasi kampanye publikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram, dan sebuah website khusus terkait kegiatan yang dapat diakses oleh siapapun.

Penyelenggaraan kompetisi coding pun juga tidak lepas dari pemanfaatan teknologi terdepan. Dimana, integritas para finalis dijaga dan dipertahankan melalui fitur proctoring (pengawasan) dan pengecekan plagiarisme dari sistem yang disediakan Kalibrr, terlepas dari manapun lokasi tempat para finalis berkompetisi.

Di lain sisi, webinar juga tidak dilakukan dengan hanya menggunakan layanan konferensi video saja, namun juga disertai dengan penggunaan teknologi live streaming seperti Open Broadcast Software (OBS) yang menyemarakkan acara dan berhasil meningkatkan interaksi antara Telkomsel dan lebih dari 500 peserta webinar serta membawa keunikan tersendiri terhadap kegiatan ini.

“Proses rekrutmen perusahaan adalah bagian penting dari identitas perusahaan. Kalibrr mengerti bahwa setiap perusahaan ingin menawarkan keunikan dan pengalaman yang tak ada duanya kepada kandidat-kandidatnya,” imbuh Andrew.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top