Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Manfaatkan Momentum PON XX, Papua Promosikan Destinasi Wisata

Marketing.co.id – Berita Marketing | Salah satu dampak positif dari penyelenggaran event olahraga dapat mengerek destinasi wisata di kawasan kota atau negara yang menjadi tuan rumah. Hal ini dikarenakan berjuta – juta pasang mata akan tertuju ke kawasan tersebut, baik melalui pemberitaan media maupun penonton yang menyaksikan langsung di lokasi pertandingan. Di sisi lain, rombongan atlet yang sudah selesai bertanding biasanya akan mengunjungi obyek-obyek wisata terdekat di kota yang menjadi tuan rumah event olahraga untuk melepas lelah.

Memanfaatkan penyelenggaran PON XX Tahun 2021 di Papua yang akan digelar pada 2-15 Oktober 2021, Provinsi Papua, Bidang Sosial Budaya meluncurkan aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua. Keduanya diluncurkan berdasarkan identifikasi dan inventarisasi potensi budaya dan objek wisata yang berada di 4 cluster PON XX Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, termasuk 2 wilayah buffer ; Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya.

Hadirnya aplikasi Papua Tourism diharapkan dapat memperkenalkan dan mempromosikan seluruh objek wisata yang ada di 4 cluster PON XX Papua, baik itu wisata alam dan wisata budaya maupun wisata sejarah. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi sebagai  e-Commerce penjualan produk budaya Papua.

Baca juga: Batiqa Hotel Jayapura Resmi Dibuka

Peluncuran aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua antara lain dihadiri Yunus Wonda- ketua harian PB PON PAPUA XX, Septinus Saa – koordinator Sosial Budaya PB PON PAPUA XX, Theodorus Rumbiah – Bendahara Umum PB PON PAPUA XX, dan Joko Sunaryo  – perwakilan klaster penyelenggara.

Dalam peluncuran yang digelar Rabu (18/8), turut hadir secara virtual Rizky Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara kegiatan (Event) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“PON merupakan momentum yang baik untuk mempromosikan pariwisata Papua, dengan diluncurkannya aplikasi ini jangan langsung berharap berapa banyak wisatawan yang datang, tapi berapa banyak yang dapat melihat pariwasata di Papua melalui aplikasi,” tutur Rizky yang mengaku beberapa kali mengunjungi Papua dan penyuka kuliner Papua.

PON Papua XX

Peluncuran aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua

Adapun tujuan diluncurkannya Gerai Honai Papua guna mengenalkan dan memasarkan semua hasil produk budaya dari 4 cluster PON XX Papua, seperti ; Anyaman (tas/noken), Ukiran, Lukisan Kulit Kayu, Gerabah dan Kuliner Lokal secara online melalui Aplikasi Papua Tourism dan secara langsung di Gerai Honai Papua, kepada seluruh atlet, official dan tamu undangan yang akan datang ke Papua dalam pelaksanaan PON di bulan Oktober mendatang.

Baca juga: Unggulkan Kandungan Buah Merah Papua, Eternaleaf Hanya Dipasarkan oleh QNET

Yunus Wonda, ketua harian PB PON Papua XX menuturkan, Tuhan telah menganugerahkan dua hal untuk Papua, yakni musik dan olahraga. “Di dalam musik ada budaya, tarian, dan adat istiadat. Orang Papua unggul di bidang olahraga,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga diperkenalkan akun sosial media resmi milik Papua Tourism. Untuk instagram dapat dilihat di papua.tourism, sedangkan YouTube dan Facebook resmi menggunakan nama Papua Tourism. Diharapkan aplikasi Papua Tourism, Gerai Honai Papua serta akun Sosial Media Papua Tourism dapat menjadi kanal penjualan yang efektif bagi produk-produk budaya yang dibuat masyarakat Papua di 5 wilayah adat/budaya yang tersebar dalam 4  zona ekologi di Papua. Dengan demikian 3 sukses dalam pelaksanaan PON XX Papua, terutama sukses Ekonomi dapat terealisasi.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top